MEDAN - Kian beratnya beban kemacetan yang harus dipikul Kota Medan mendorong pemerintah dalam hal ini Dinas Perhubungan memacu pembangunan sarana transportasi baru guna mengatasinya. Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Renward Parapat dalam diskusi Forum Lalulintas Sumatera Utara 2017, di Hotel Grand Mercure, Medan, Kamis (9/11/2017), terdapat konsep pembangunan Sistem Transportasi Kota Medan yang hendak dicapai hingga 2021. Tujuannya agar tercipta sarana transportasi yang aman dan nyaman di Kota Medan sebagaimana layaknya kota-kota metropolitan di dunia.

Salah satunya yang direncanakan dalam konsep tersebut adalah upaya menghidupkan kembali jalur Kereta Api (KA) dari Medan menuju Pancurbatu yang pernah ada.

Oleh Renward bersama Kepala Dinas Perhubungan Sumatera Utara, Anthony Siahaan, dikatakan permintaan Revitalisasi KA Medan - Pancurbatu sudah disampaikan ke Kementerian Perhubungan.

"Direktur Transportasi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional juga sudah menyetujui permintaan tersebut," kata Renward.

Oleh Kemenhub, ujar Renward, kini tengah berjalan studi kelayakan dibuka kembalinya jalur KA Medan-Pancurbatu. Namun tak dijelaskannya kapan studi tersebut akan rampung dan kapan jalur tersebut akan direalisasikan.

Sebelumnya jalur KA Medan-Binjai sudah lebih dulu dihidupkan. Dishub juga tengah memikirkan revitalisasi jalur lama lainnya seperti Medan-Belawan dan Medan-Pematangsiantar. Jika jadi direalisasikan maka Kota Medan akan terhindar dari ancaman kemacetan semacam DKI Jakarta atau kota-kota lainnya di Indonesia.