MEDAN - Upacara Tabur Bunga di laut merupakan Ziarah Laut dengan maksud menghubungkan bathin antara peziarah dengan Arwah Pahlawan yang gugur di laut, berdasarkan rasa hormat akan jasa almarhum dengan tujuan untuk membangkitkan, mengembangkan dan mempertebal sifat kepahlawanan serta mendo'akan agar arwah para pahlawan diterima dan mendapat tempat yang sewajarnya. Melalui momentum Hari Pahlawan, Danlantamal ILaksamana Pertama TNI Ali Triswanto, bersama seluruh unsur Forkompimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Sumut melaksanakan ziarah tabur bunga dilaut dengan menggunakan KRI Parang-647 yang tolak dari dermaga Mako Lantamal I, Jumat (10/11/2017).

Upacara Tabur Bunga di laut yang dilaksanakandisekitaran perairan Bouy I Belawan ini, Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman tampil sebagai Irup dengan memimpin penaburan bunga kelaut yang diikuti oleh seluruh Pejabat Forkopimda yang hadir. Sebelumnya, seluruh peserta upacara penaburan bunga memberikan penghormatan kepada arwah Pahlawan yang ditandai dengan berbunyinya sirene (Klakson Kapal), serta  dilanjutkan dengan pelarungan karangan bunga ke laut oleh Irup.

Dalam Upacara tersebut turut hadir Pangkosekhanudnas III Marsma TNI Ir.Tri Bowo Budi Santoso, Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution, Dirpolairud Kombes Pol Ir Sjamsul Badhar, Para Asisten Danlantamal I dan Ketua Pengurus DJAB Korcab I Jalasenastri Nyonya Sandya Ali Triswanto.