MEDAN-DPD PDIP Sumut telah memberikan penugasan kepada tiga bakal calon (Balon) bupati, yakni Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Kabupaten Batubara dan Kabupaten Dairi agar menjalin komunikasi dengan partai politik (Parpol) lain untuk koalisi agar memenuhi syarat pencalonan pada Pilkada serentak 2018 di daerah masing-masing.

"Untuk Taput penugasan diberikan kepada Nikson yang juga calon incumbent. Batubara kepada Anggota DPRD Sumut yang juga bendahara DPD PDIP Sumut, Zahir, serta Dairi kepada Bukit Tambunan berpasangan dengan Anwar," ujar Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD PDIP Sumut, Mangapul Purba kepada wartawan, di Medan.

Penugasan itu, kata dia, berbeda dengan rekomendasi. Sebab, masih ada kemungkinan berubah apabila yang diberikan penugasan tidak mampu memenuhi persyaratan yang telah diberikan.

"Penugasan itu waktunya dua pekan, bisa diperpanjang kalau dibutuhkan. Untuk Nikson dan Zahir sampai saat ini belum menentukan wakilnya, jadi sekalian waktu dua pekan itu untuk memilih pendamping," akunya.

Untuk 5 kabupaten/kota lain, dia menyebut masih dalam tahap finalisasi. "Untuk Pilgubsu juga belum ada keputusan, masih menunggu," ujar Mangapul.