MEDAN - Meski banjir telah surut, warga yang tinggal dipinggiran Sungai Deli, Kelurahan Aur, Medan Maimun, kini mengeluhkan penyakit kulit dan radang pernafasan yang menyerang mereka. Mereka pun ramai-ramai memeriksakan kesehatan ke tenda posko kesehatan yang didirikan di Lingkugan III dan IV, Kelurahan Aur.

"Kebanyakan masyarakat banyak yang mengalami penyakit kulit dan radang pernapasan," kata petugas kesehatan Musmuliadi, Selasa (7/11/2017).

Musmuliadi menjelaskan, radang pernapasan umumnya diderita oleh anak-anak. Sedangkan penyakit kulit sebagian besar dikeluhkan oleh para orang tua.

"Anak-anak itu rata-rata keluhannya batuk, pilek, dan demam. Kalau orang besar itu kebanyakan penyakit kulit seperti gatal-gatal. Ada juga yang masuk angin. Biasalah karena air banjir itu kan kotor," jelasnya.

Diketahui banjir kembali melanda pemukiman warga di Kelurahan Aur akibat meluapnya Sungai Deli. Sungai tersebut meluap karena banjir kiriman dari daerah pegunungan yang terus menerus diguyur hujan deras.