MEDAN-Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) segera membentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pangan. Badan usaha tersebut ditargetkan rampung pada akhir tahun ini.

Gubernur Sumut (Gubsu) Erry Nuradi menyatakan, BUMD Pangan prosesnya sudah diajukan di DPRD Sumut. Kata dia, mudah-mudahan akhir tahun ini diharapkan selesai dan terealisasi.

"Akhir tahun ini selesai dan sesuai target kita," kata Gubsu ketika diwawancarai usai menghadiri rapat koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sumut baru-baru ini.

Kepala Biro Bina Perekonomian Setda Provsu Ernita Bangun menuturkan, Pemprovsu sendiri hingga kini telah membentuk tim yang akan memproses pembentukan badan usaha itu. Tim ini tengah menyusun naskah akademis dan hal teknis lainnya yang nanti akan diserahkan ke badan legislasi daerah (balegda) DPRD Sumut untuk ditindaklanjuti kemudian membentuk badan usaha itu.

"Kehadiran BUMD Pangan tentu akan sangat membantu pemerintah, terutama TPID untuk menjaga inflasi tetap pada sasarannya," ujar Ernita.