SINGKIL - Banjir yang disebabkan luapan air Sungai Cinendang Kecamatan Simpang Kanan dan Sungai Sulampi Kecamatan Suro, merendam dua titik lintasan jalan nasional Aceh Singkil-Subulussalam, Provinsi Aceh.

Informasi dihimpun GoAceh, banjir terjadi menyusul tingginya curah hujan sejak sepekan terakhir, di beberapa daerah yang berada di hulu sungai di Subulussalam, Pak-Pak Bharat (Sumut), Aceh Tenggara dan Dairi (Sumut) yang bermuara ke hilir Aceh Singkil.
 
Banjir hingga mencapai ketinggian 2 meter di jalan nasional Bulusema dan sekira 1,5 meter Gampong Silatong, Cibubukan, dan Ujung Limus, mulai menerjang, Rabu (8/11) sekira pukul 02.00 WIB dini hari.
 
Warga yang pada saat itu sedang tertidur lelap, mengetahui air bah memasuki lantai rumah mereka langsung panik dan menyelamatkan barang-barang berharga dibantu Danramil 04 Simpang Kanan Kapten Inf Irwansyah bersama anggota.
 
Banjir langganan yang disebabkan luapan air sungai biasanya surut dalam hitungan jam. Kendati hingga menjelang siang akses di dua titik yakni ruas jalan nasional Silatong dan Bulusema masih lumpuh. Namun, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun diperkirakan mencapai 50 unit rumah di Desa Bulusema dilaporkan terendam.
 
Akibat terputusnya akses jalan nenyebabkan antrean kendaraan dari arah Singkil-Subulussalam dan sebaliknya mengular. Petugas kepolisian dan TNI terlihat berjaga-jaga di lokasi genangan banjir.
 
Derasnya arus yang menggenangi badan jalan di Bulusema juga sempat menyeret kendaran roda empat Kijang Inova yang nekat melintas. "Mobil Inova milik warga Subulussalam yang nekat menerobos banjir, hanyut terseret arus," ucap Kepala Seksi Penanggulangan Bencana Dinas Sosial Aceh Singkil Alidin
 
"Dapur umum sudah didirikan, warga mengungsi kerumah warga lainya yang tidak terkena banjir. Ini saya mau jemput beras untuk didistribusikan ke sana, air di Bulusema sudah mulai surut," terang Alidin 
 
Komandan Kodim (Dandim) 0109 Singkil Letkol Kav Kapti Hertantyawan dari lokasi banjir menyebutkan, berjumlah sekira 86 kepala keluarga di Bulusema Kecamatan Suro sudah diungsikan ke tempat aman, dan 33 KK di Desa Silatong Kecamatan Simpang Kanan.
 
Selain itu Kodim 0109 juga telah menyiagakan personel di dua titik lokasi banjir, termasuk menyiapkan perahu karet di Bulusema, dan perahu karet BPBD disiagakan di Silatong.
 
Camat Simpang Kanan Ahmad melaporkan, enam desa diwilayah kerjanya sejak tadi malam juga sudah terendam banjir. Yakni Gampong Silatong, Ujung Limus, Lae Riman, Tanjung Mas, Cibubukan, dan Serasah.