JAKARTA - Setiap orangtua pasti sedih saat menjalani prosesi sungkeman sebelum akad nikah. Sebab lewat ritual sakral tersebut, sang anak akan meminta restu sekaligus maaf atas perbuatan tak menyenangkan yang telah terjadi selama ini.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta istri, Iriana pun meneteskan air mata saat menjalani prosesi sungkeman. Kahiyang Ayu pun sampai menangis, karena tak kuasa menahan air matanya.

"Beliau (Jokowi-Iriana) tadi mbrebes (menangis haru) saat prosesi sungkeman," kata salah seorang tamu undangan yang enggan disebut identitasnya, Selasa (7/11/2017).

Prosesi sungkeman, merupakan wujud tanda bakti dan rasa terima kasih dari seorang anak kepada orangtua. Alhasil, wajar saja kalau air mata Kahiyang tumpah saat mengikuti ritual sakral ini.

“Saat itu suasana jadi haru. Mungkin, karena Mbak Kahiyang adalah putri satu-satunya Bapak Jokowi,” tandasnya.

Usai menjalani sungkeman, acara dilanjutkan dengan prosesi siraman. Ritual ini dilakukan oleh sesepuh dan pinisepuh, di antaranya ibunda Jokowi Sujiatmi Notomihardjo, Elisabeth Endang Rudyatmo, Ibu Danarsih Dullah, Ibu Setyawan Prasetyo, Ibu Widodo Prasetyo, Ibu Anik Hari Milyantono, Ibu Didit Supriyadi, Ibu Idayati Hari Mulyono, Ibu Dr. Idong Setyo Husodo. Prosesi siraman ditutup oleh Jokowi dan Iriana

Masing-masing orang menyirami kahiyang dari ujung kepala hingga kaki. Setelah itu dilanjutkan dengan pemecahan kendi sebagai tanda wanita sudah siap menikah atau pecah pamor.

Prosesi siraman ditutup dengan ritual potong rikma atau potong rambut Kahiyang oleh ayah dan ibunya untuk kemudian ditanam di pekarangan rumah.***