LABUHANBATU - Pendidikan anak usia dini merupakan upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun. Tentunya hal ini dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani serta rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan usia lanjut. Demikian dikatakann Plt. Sekdakab Labuhanbatu Ahmad Muflih, Selasa (7/11/2017) pada pelantikan kepengurusan Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Kabupaten Labuhanbatu Periode 2017-2021 di Gedung Nasional Rantauprapat yang dihadiri Bunda PAUD Kabupaten Labuhanbatu Hj. Siti Awal Pangonal Harahap dan Ketua HIMPAUDI Provinsi Sumatera Utara Aminah Yunus Rasyid.

Menurut Ahmad Muflih, Pendidikan Anak Usia Dini dapat diselenggarakan pada jalur formal, nonformal maupun pada jalur informal. Dengan melakukan pembinaan pendidikan terhadap anak-anak usia dini, diharapkan pertumbuhan dan perkembangan anak akan tercapai secara optimal.

"Namun, pola pendidikan seperti ini mungkin belum terlalu populer di masyarakat kita terutama bagi mereka yang berada di luar kota, ditambah lagi dengan terbatasnya jumlah lembaga PAUD yang ada saat ini," ujar Ahmad.

Dirinya sangat mengapresiasi atas terlaksananya pelantikan ini, karena selain kepengurusan yang dilantik merupakan hasil musyawarah secara demokratis, juga sebagai titik awal pelaksanaan tugas dari kepengurusan HIMPAUDI untuk 2017-2021.

"Untuk itu saya berpesan kepada pengurus baru yang dilantik kiranya agar serius dan berkomitmen untuk menjalankan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga,” kata Ahmad Muflih.

Bunda PAUD Kabupaten Labuhanbatu, Hj. Siti Awal Poangonal Harahap dalam kesempatan itu mengucapkan selamat kepada para pengurus yang baru dilantik, dengan harapan kiranya para pengurus yang baru dapat menjalankan dan melaksanakan roda organisasi ini dengan baik.

"(Saya minta) lakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk meningkatkan dan mewujudkan program kerja yang sudah direncanakan, sehingga nantinya dapat menghasilkan yang terbaik untuk Kabupaten Labuhanbatu terutama dibidang pendidikan anak usia dini," jelasnya.

Kepengurusan HIMPAUDI Labuhanbatu ini dilantik Ketua HIMPAUDI Provinsi Sumatera Utara sesuai dengan SK Nomor 46/KEP/PWHIMPAUDI/X/2017. Kepengurusan ini terdiri dari Ketua Abdulk Manan Harahap, Wakil Ketua I Pahran, Waket II Nurjaidah, Waket III Ahmad Sukri Lubis, Waket IV Salikin, sedangkan Sekretaris Deby Ayunda Lubis, S.Pd dan Bendahara Hj. Marhamah Nasution A.Ma dibantu para pengurus bidang-bidang.