JAKARTA - Pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution akan digelar pada Rabu (8/11) esok. Jelang pernikahannya, Selasa (7/11), hajatan pernikahan dimulai dengan prosesi pemasangan bleketepe yang dilanjutkan dengan siraman.

Bleketepe dipasang di kediaman Jokowi di Jalan Kutai Utara, Sumber, Solo, Jawa Tengah. Seluruh keluarga inti calon pengantin perempuan, yaitu Jokowi, Iriana, Gibran Rakabuming, Selvi Ananda, Kaesang Pangarep, dan cucu Jokowi, Jan Ethes terlihat berkumpul di depan rumah untuk memasangkan bleketepe. 

Keluarga Jokowi terlihat kompak dalam balutan busana Jawa berwarna oranye. Di antara keluarga, Iriana Jokowi terlihat berbeda. Dia terlihat lebih cantik dalam balutan kebaya berwarna oranye cerah berbahan mengkilap. 

Iriana menggunakan kebaya klasik Jawa dengan gaya kebaya kutu baru. Sebuah bros berwarna emas yang berukuran cukup besar tersemat di dadanya. 

Tak ada tambahan aksesori berlebihan yang terlihat terpasang di kebaya kutu barunya. Hanya ada tambahan manik-manik di bagian tangan dan juga depan dadanya.

Sebagai penyandingnya, kebaya oranye ini dipadukan dengan kain batik (jarit) dan kain angkin yang berwarna senada dan selop hitam. 

Tampilan Iriana ini pun dipadukan dengan tata rambut sanggul asli Solo yang berukuran besar. Di sanggulnya terpasang dua buah tusuk konde klasik dan rangkaian bunga.  

Tak cuma Iriana yang tampil cantik, Selvi Ananda, menantu Iriana juga terlihat cantik. Mantan Puteri Solo ini tampil 'kembar' dengan ibu mertuanya dengan kebaya oranye, jarit batik, dan sanggul Jawa klasik.

Sedangkan Jokowi, Gibran, Kaesang, dan Jan Ethes menggunakan beskap landung Solo yang juga berwarna oranye.

Sebelumnya, desainer Tuti Adib mengatakan, bahwa dia mendesain kebaya siraman. Namun saat dikonfirmasi, Tuti Adib belum memberikan jawabannya kembali. 

"Untuk pernikahan mbak Kahiyang ini, saya mendesain busananya dari siraman, midodareni, ijab kabul, sampai resepsi nanti," kata Tuti Adib seperti dikutip GoNews.co dari  CNNIndonesia.com, Selasa (17/11/2017). ***