SERDANG BEDAGAI - Satuan Pemadam Kebakaran (Damkar) Sergai menggelar simulasi bencana kebakaran yang dilaksanakan di lapangan Sesa Sei Bamban Estate, Kecamatan Sei Bamban, Sergai, Selasa (7/11/2017) sekira pukul 14.00. Dalam simulasi tersebut terlihat anggota Damkar turun ke lokasi kebakaran dengan membawa APAR (Alat Pemadam Air Ringan) untuk membantu masyarakat memadamkan api secara manual sebelum mobil damkar tiba di lokasi.

Dalam simulasi tersebut terlihat dua armada damkar tiba dan beberapa anggota langsung terlihat bahu-membahu dalam memadamkan api yang membakar sebuah rumah.

Kadis Satpol-PP dan Damkar, Fajar Simbolon mengatakan, kegiatan simulasi bencana kebakaran dilaksanakan dalam rangka meningkatkan dan melihat sejauh mana kemampuan personil Damkab dalam menghadapi situasi saat terjadi bencana kebakaran.

Dikatakannya, Saat ini ada 3 regu tim Damkar diantaranya di Kecamatan Dolok Masihul, Kecamatan Sei Bamban, Kecamatan Perbaungan. Namun pembagian regu belum mencukupi bila dilihat dari luasnya kabupaten Sergai.

“Kita masih membutuhkan armada mobil Damkar dan personil agar kinerja maksimal,” bilang mantan Camat Sei Rampah ini.

Sementara itu, Bupati Sergai Ir H Soekirman didampingi Sekda Hadi Winarno di lokasi simulasi mengatakan, banyak caci maki dilontarkan masyarakat dihadapi anggota damkar setibanya ke lokasi bencana kebakaran.

“Apapun didengar jangan membuat anggota damkar kecil hati, karena berbuat kebaikan tidak semuanya dipuji,” ujar Soekirman.

Dikatakannya, dalam kinerja Pemkab Sergai tidak membeda-bedakan PNS dan tenaga honor, sehingga apabila adanya kinerja PNS atau tenaga honor berprestasi terutama memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Itu harus dipuji dan didukung.

“Untuk kekurangan armada dan personel damkar akan kita usulkan ke DPRD Sergai. Kalau untuk kepentingan masyarakat pasti didukung,” bilang Bupati.