JAKARTA - Shiro si kucing yang sudah 4 tahun menghuni lantai 23 Gedung Nusantara I DPR RI ternyata sempat beberapa kali 'dibuang' dari DPR. Seorang karyawan di Media Center NasDem, Abdul Rosyid mengatakan beberapa kali diminta untuk membuang Shiro dari tempat tersebut.

Shiro bersama anak-anaknya pernah dibuang ke tempat pembuangan sampah yang berada tepat di depan stasiun kereta Palmerah, Jakarta Barat. Namun Shiro kembali pulang ke lantai 23 Gedung Nusantara I DPR.

"Pernah dibuang sama cleaning service ke dekat stasiun, kan banyak makanan di sana. Balik lagi ke sini tapi yang balik cuma ibunya (Shiro, red)," kata Abdul di Media Center Fraksi NasDem, Gedung Nusantara I DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (7/11/2017).

Namun, Abdul menuturkan karyawan yang setiap hari bersama Shiro seolah tidak tega untuk membuang Shiro jauh dari kompleks DPR.

"Mungkin anggota juga yang nyuruh dibawa keluar. Sama cleaning Service dibawa keluar. Tapi nggak pernah sampai jauh dari DPR sih (dibuangnya), masih di sekitar DPR sini," tuturnya.

Meski sudah 4 tahun Shiro berlalu-lalang di Gedung DPR khususnya Gedung Nusantara I menggunakan lift, ada beberapa orang yang merasa terganggu dengan kehadiran Shiro. Beberapa kali juga dia sempat diminta keluar saat dia berada di dalam lift.

"Nggak mau turun dia (kalau belum sampai di lantai yang dia tuju). Kadang-kadang ada yang ngusir juga kalau ada yang nggak suka ada dia di dalam lift. Tapi sebagian juga ada yang sudah tahu, bilangnya 'nanti juga dia turun sendiri ke lantainya," ujarnya. ***