MEDAN - Kelurahan Aur menjadi salah satu dari empat kelurahan di Kota Medan yang terpilih oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam program kelurahan tangguh bencana. Terkait hal tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan sosialisasi dan fasilitasi dengan tema ‘Ketangguhan Masyarakat Kelurahan Tangguh Bencana’, bertempat di aula Kelurahan Aur, Medan Maimun, Sabtu (4/11/2017).

"Tidak hanya di Kelurahan Aur, program ini juga terselenggara di beberapa kelurahan yang ada di Kota Medan, Kelurahan Bahari Kecamatan Medan Belawan, Kelurahan Sei Mati Kecamatan Medan Maimun dan Kelurahan Padang Bulan Kecamatan Medan baru," kata Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Masyarakat BPBD Medan, Fahrudin.

Kepada peserta, Fahrudin menjelaskan, secara ilmiah jika kapasitas masyarakat meningkat, maka risiko akan rendah. Namun jika kapasitas rendah, maka risiko akan tinggi.

"Saya berharap dengan adanya program seperti ini, masyarakat dapat menyelamatkan diri sendiri jika terjadi banjir atau bencana lain," jelasnya.

"Berjalannya kegiatan tersebut diharapkan juga dapat menghasilkan dokumen rencana kontingensi bencana banjir, serta meningkatnya ketangguhan masyarakat dalam menghadapi banjir," ungkap Fahrudin.

Lurah Aur, Liza Irsaniyah Harahap, juga berharap ke depannya Kelurahan Aur dapat menjadi lingkungan dan masyarakat percontohan bagi lingkungan-lingkungan lainnya.

"Saya berharap lingkungan ini jadi percontohan di Medan," pungkasnya.