MEDAN-Diduga bergabung dengan militan pro-Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), seorang warga Sumatera Utara, Muhammad Ilham Syahputra (23), dikabarkan ditangkap di Marawi, Filipina.

Dari informasi yang dihimpun, Muhammad Ilham Syahputra, yang tinggal di kawasan Jalan Sidomulyo, Gang Elang, Sei Rotan, Percut Sei Tuan, Deli Serdang, ditangkap pada Rabu (1/11).

Namun, sebelumnya pria tersebut sempat dikabarkan tewas saat operasi militer di Marawi, Filipina beberapa bulan lalu.

Untuk memastikan kabar tersebut, pihak keluarga menolak untuk diwawancari. Rumah permanen bercat hijau yang ditempati keluarganya juga terlihat tertutup rapat.

Kepala Desa Sei Rotan, Suwandi mengaku, Ilham adalah warganya. "Benar, dia penduduk Desa Sei Rotan. Dia tinggal di desa ini kurang lebih sudah tujuh tahun," katanya, Jumat (3/11).

Suwandi menjelaskan, sepengetahuannya, Ilham berangkat ke Malaysia. Terakhir, lanjutnya, melihat Ilham sekitar dua tahun lalu balik ke rumahnya. "Dua tahun lalu dia sempat pulang karena ibunya meninggal. Tapi, saya tidak sempat berkomunikasi dengannya," jelasnya.

Suwandi juga menyampaikan, pernah bertanya kepada kakak Ilham mengenai keberadaan adiknya. "Katanya dia sudah putus komunikasi, tapi dia nggak di Malaysia lagi. Kakaknya itu nggak tahu kalau dia itu di mana," ungkapnya.