PADANG LAWAS - Anak usia dini merupakan aset penting bagi kemajuan bangsa. Hal ini tentunya membutuhkan pelayanan yang tepat dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan mereka.

Hal itu ditegaskan Bunda PAUD Kabupaten Palas, Hj Yusra Ali Sutan usai mengukuhkan bunda PAUD tingkat kecamatan se-Kabupaten Padang Lawas, Rabu(1/11/2017) di Gedung Nasional Sibuhuan.

Selain itu, sambung Hj Yusra, hal ini juga dibutuhkan pemahaman mengenai karakteristik anak sesuai pertumbuhan dan perkembangannya, termasuk membantu dalam menyesuaikan proses belajar bagi anak dengan usia, kebutuhan, dan kondisi masing-masing. Baik secara intelektual, emosional, dan sosial.

"Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan bagi anak sebelum jenjang memasuki pendidikan dasar. Hal ini merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak," jelasnya.

Pembinaan anak, kata dia, juga harus dilakukan melalui stimulan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani, agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

"Ada dua tujuan mengapa perlu diselenggarakan pendidikan anak usia dini. Pertama, membentuk anak yang berkualitas. Maksudnya, anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya, sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar," tuturnya.

Kedua, sambung Hj Yusra lagi, membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah.

"Intinya, pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik," terangnya.