MEDAN - PT Railink berencana membuka rute baru kereta api (KA) tujuan Bandara Kualanamu-Binjai. Dibukanya rute tersebut untuk memperluas layanan di Sumatera Utara (Sumut). "Selama ini KA bandara hanya melayani tujuan Kualanamu-Medan. Oleh karena itu, maka dilakukan pengembangan layanan ke Binjai," kata Direktur Utama Railink Heru Kuswanto di Medan, Senin (30/10/2017).

Menurut dia, Binjai merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi bagus untuk pengembangan bisnis. Sebab, prospek ke depan serta ketersediaan infrastruktur pendukung, menunjang untuk melakukan ekspansi ke kota tersebut.

Diutarakannya, fasilitas kereta bandara ke Binjai cukup prospektif. Hal ini mengingat geliat ekonomi di kota tersebut sangat tinggi. Selain itu, pertumbuhan industri di Binjai juga cukup bagus. Faktor-faktor itulah yang menjadi alasan rencana ekspansi.

"Seiring dengan tingkat mobilitas masyarakat yang tinggi, Railink pun optimis minat konsumen memilih kereta bandara akan kian tinggi. Untuk menggenjot hal itu, sosialisasi terus dilakukan," tuturnya.

Diungkapkan dia, tak hanya Binjai beberapa daerah lainnya di Sumut juga akan dibuka rute. Akan tetapi, melihat kajian terlebih dahulu.

"Kalau Binjai izinnya tidak terlalu banyak karena hanya 23 km, sehingga tidak terlalu banyak waktu jarak tempuhnya. Untuk Tebing Tinggi memang belum ada rencana, akan tetapi tidak menutup kemungkinan akan dibangun bahkan termasuk daerah lainnya di Sumut," tandas Heru.