PALAS - Wakil Bupati Padang Lawas (Palas) resmi menutup kegiatan orentasi pramuka bagi Ketua Majelis Pembimbing Desa (Kamabides) se-Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Palas, Senin (30/10/2017). Menurut Wabup, pembangunan karakter bangsa menjadi fokus ke depan. Hal ini sejalan dengan pembangunan sumber daya manusia yang menjadi kunci keberhasilan membangun SDM berkualitas.

"Melalui kegiatan ini, pengembangan pengetahuan kepramukaan dapat diterapkan dan dikembangkan di tingkat desa oleh kepala desa selaku Ka Mabides," pinta Wabup H. Ahmad Zarnawi Pasaribu dihadapan 303 Kamabides yang ikut orentasi kepramukaan di Desa Ujung Batu III atau Tran Aliaga 3, Kecamatan Hutaraja Tinggi.

Tidak kalah pentingnya, imbuh orang noor dua di Palas itu, pendidikan kepramukaan berbeda dengan pendidikan organisasi. Prinsip dan metode kepramukaan, salah satunya pendidikan di alam terbuka.

Oleh karena itu, Ka Mabides diharapkan dapat mengimplementasikannya di masyarakat dalam pembinaan kedisplinan, dan pola kepemimpinan.

"Dengan aktif kegiatan kepramukaan di desa, tentu menggugah generasi muda desa untuk mengisi waktu kosong dengan berbagai kegiatan positif," ujar Wabup mengakhiri sambutannya.