JAKARTA - Tim nasional U19 Indonesia patok kemenangan saat menghadapi Brunei Darussalam pada pertandingan pertama babak penysihan Grup F Kualifikasi Piala Asia U-19.

Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan dalam kondisi siap tampil. Mereka telah menjalani latihan serta adaptasi cuaca dengan baik sejak tiba di Korea Selatan pada hari Minggu (29/10/2017).

"Pemain dalam kondisi baik dan siap menghadapi semua lawan Kualifikasi Piala Asia U-19. Kami tetap harus fokus dan konsentrasi. Tentu kami mengincar kemenangan pada laga pertama melawan Brunei," kata pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri.

Indonesia akan menghadapi Brunei di Paju Public Stadium pada hari Selasa pukul 13.00 WIB. Untuk persiapan menghadapi laga ini tim sudah menjalani latihan sejak Minggu siang. Proses aklimatisasi dan adaptasi cuaca berjalan cukup baik.

Para pemain sudah membiasakan diri dengan kondisi suhu udara rata-rata sekitar 13 derajat celcius.

Babak kualifikasi Piala Asia grup F akan berlangsung sampai 8 November 2017. Selain Brunei Darussalam, tim Garuda Nusantara akan bersaing dengan tuan rumah Korea Selatan, Malaysia, dan Timor Leste.

Menurut Indra persaingan di Grup F cukup ketat. Tuan rumah Korea Selatan dan Malaysia menjadi lawan yang tidak mudah. Namun, Indra juga tidak mau menganggap enteng Brunei dan Timor Leste.

"Kami sudah siap melawan Brunei. Kami tetap bermain dengan gaya kita seperti biasa. Brunei kita sudah tahu permainan mereka, kami tetap waspada dan tidak meremehkan mereka. Seluruh pemain Brunei saya rasa juga punya keinginan untuk tak mau kalah dengan Indonesia,” kata Indra.

Pemain belakang Timnas U-19, Rifad Marasabessy menyatakan siap tampil dan memberikan yang terbaik. Dia juga tak mau mempermasalahkan cuaca dingin di Korea Selatan.

"Kami mendapatkan materi latihan taktik serta adaptasi cuaca di sini. Suhu di sini lebih dingin saat kita berlaga pada turnamen Toulon di Prancis beberapa waktu lalu. Meski begitu hal ini tak bisa dijadikan alasan, kita tetap akan berjuang keras pada laga Kualifikasi Piala Asia U19 ini," kata Rifad Marasabessy.

Bagi Indonesia, ajang kualifikasi Piala Asia U-19 ini cukup penting untuk menguji kesiapan Timnas U-19 sekaligus juga menjadi barometer dan penilaian untuk evaluasi sebelum bertarung di babak putaran final yang akan berlangsung di Indonesia tahun depan. Sebagai tuan rumah, Indonesia tentu akan berupaya meraih hasil sebaik-baiknya. 

Berikut jadwal lengkap pertandingan Kualifikasi Piala Asia U-19 yang seluruh pertandingan akan digelar di Paju Public Stadium.

Indonesia vs Brunei Darussalam 31 Oktober, 13.00 WIB

Indonesia vs Timor Leste 2 November, 10.00 WIB

  Korea Selatan vs Indonesia 4 November, 13.00 WIB

  Indonesia vs Malaysia 6 November, 10.00 WIB

23 pemain Timnas U-19 

  Penjaga Gawang.

1. Rakasurya Handika, PPLP Jateng

2. Gianluca P. Rossy, Jawa Tengah

3. Aqil Savik, Jawa Barat.

Belakang

  4. M. Rifad Marasabessy, Madura United

5. Dedi Tri Maulana, Sulawesi Tengah

6. Rachmat Irianto, Persebaya

7. Julyano Pratama Nono, Ragunan

8. Kadek Raditya, Bali

9. Firza Andika, Sumatera Utara

10. Irsan Lestaluhu, Maluku

11. Samuel Christianson, Persija U-19

12. Nurhidayat Haris, PSM

  Gelandang

  13. Syahrian Abimanyu, Persija U-19

14. Witan Sulaeman, Ragunan

15. Resky Fandi Witriawan, Sulawesi Barat

16. Asnawi Mangkualam Bahar, PSM

17. Muhammad Iqbal, Sumatera Barat

18. Feby Eka Putra, Jawa Timur

19. Saddil Ramdani, Persela

20. Egy Maulana Vikri, Ragunan

21. M Lutfi Kamal, DKI Jakarta

Depan

22. Hanis Saghara Putra, Jawa Timur

23. M. Rafli Mursalim, DKI Jakarta.***