PALAS-Ketua KPU Padang Lawas (Palas) melepas peserta gerak jalan santai sadar pemilu menyongsong pilkada serentak tahun 2018, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati P alas serta pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut, Minggu (29/10/2017) dari titik start Lapangan Merdeka Sibuhuan.

Tujuan gerak jalan serentak ini untuk mendapatakan respon positif masyrakat dari media massa dalam pengajian pemberitaan secara masif sebagai salah satu metode meningkatkan partisipasi pemilih dalam pelaksanaan pilkada serentak tahun 2018, tanggal 27 Juni 2018 mendatang.

Peserta gerak jalan sadar pemilu sebanyak 500 peserta terdiri dari SKPD, Partai Politik, Ormas, Kepemudaan, pemilih pemula dan masyrakat.

Ketua KPU Palas Syarifuddin Daulay mengatakan, gerak jalan santai (GJS) kita gelar hari ini buian agenda sesaat dan seromonial belaka. Tetapi meru pakan pijakan awal untuk membangun gerakan sadar pemilu secara berkelanjutan.

Kata dia, semua elemen bangsa bersinergi, berkolaborasi dan gerakan bersama untuk menyadarkan publik bahwa pemilu sebagai sarana kedaulatan rakyat. "Dalam waktu 5 menit, memberikan suara pemilihan akan memengaruhui kebijakan politik didaerah untuk lima tahun kedepan,"ujar

Pemberian suara,smbung dia, suatu yang sakral dan fundemental dalam negara demokrasi. Suara yang dituangkan dalam bentuk coblosan disurat suara merupakan bentuk perpindahaan kekuasaan dari pemilih sebagai pemegang kedaulatan atas negara/daerah kepada peserta pemilihan yang akan bertanggung jawab untuk mengurus dan melayani rakyat dengan sebaik-baiknya.

Karena itu, lanjut Ketua KPU, jangan pernah nodai suaramu dengan urusan yang tidak bernilai, sudah saat kita sebagai pemilih menggunakan hak dengan penuh tanggung jawab, sebutnya sembari mengingatkan, pemilu serentak merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat ditingkat kabupaten.

"Jangan sampai kedaulatan rakyat dalam menyeleksi pemimpin terdistorsi dan tercedarai oleh aspek prosedural dan teknis yang tidak dikelola secara profesioanl," pintanya.

Ditempat yang sama Wabup Palas H. Ahmad Zarnawi Pasaribu mengajak, semua elemen bangsa bersinergi, berkolaborasi dalam pelaksanaan kedaulatan rakyat. "Mari kita tingkatkan partisipasi masyrakat dalam mensukseskan pemilu serentak di Palas sesuai harapan berjalan aman, tertib, bersinergitas, transparan, berkualitas sesuai peraturan perundang-undangan," himbau Wabup.

juga menekankan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, melaksanakan dengan setiap tahapan yang berkaitan langsung dengan tugas pokok. Khususnya terkait penyampaian daftar penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4). Menurut jadwal tahapan dilaksanakan 24 -27 November 2017.

Dia meminta, Kadis Dukcapil melaksanakan perekam e-KTP kepada penduduk yang telah memenuhui syarat memilih.

Turut hadir dikegiatan tersebut, Sekda Palas Arpan Nasution dan sejumlah Pimpinan SKPD, Tokoh Masyrakat Palas H. Marahadi Hasibuan, Tokoh Pemuda dan elemen masyrakat umum.