MEDAN - Dari total 6.110 desa yang ada di Sumatera Utara (Sumut), sebanyak 516 desa belum tersentuh aliran listrik. Hal itu diketahui dalam roadmap program Listrik Desa (Lisdes) yang direncanakan oleh PLN Wilayah Sumut. "Dalam roadmap Lisdes Wilayah Sumut, tercantum dari total 6.110 desa yang ada di Sumut, 5.594 di antaranya sudah berlistrik dan 516 lainnya belum. Jadi, pada 2017 PLN menargetkan melistriki 194 desa dan pada 2018 program ini akan menyentuh 322 desa berikutnya," ujar General Manager PT PLN Wilayah Sumut, Feby Joko Priharto di Medan belum lama ini.

Feby menuturkan, pihaknya kini sedang memetakan desa yang akan dilistriki dalam waktu dekat terdiri dari 3.307 kepala keluarga. Paling banyak terdapat di Kabupaten Padang Lawas Utara dengan 10 desa.

Diikuti oleh Kabupaten Mandailing Natal dan Tapanuli Utara yang sama-sama memiliki 5 desa, dari total 19 kabupaten sasaran.

"Program ini akan terus berlanjut sampai seluruh desa berlistrik 100 persen," tuturnya

Diutarakan dia, anggaran yang diberikan pemerintah dalam program ini utamanya digunakan untuk membiayai pembukaan jaringan tegangan rendah dan menengah. Selain itu, pemasangan trafo sampai ke meteran pelanggan.

Adapun total anggaran yang dialokasikan kepada PLN Sumut untuk melaksanakan Program Lisdes senilai Rp294 miliar sampai dengan 2018, yang digunakan secara bertahap untuk melistriki 322 desa.