JAKARTA - Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) pimpinan Airlangga Hartarto bertekad mensukseskan penyelenggara cabang olahraga wushu Asian Games 2018.

"Sebagai penanggung jawab pertandingan wushu di Asian Games 2018, PB WI siap mensukseskan penyelenggaraan Asian Games 2018," kata Sekjen PB WI, Ngatino di Jakarta, Selasa (24/10/2017).

Untuk mensukseskan event tersebut, kata Ngatino, PB WI bekerja sama dengan panitia penyelenggara Asian Games (INASGOC) akan menggelar test event wushu di Sport Mall Britama Arena Kelapa Gading Jakarta Utara, 26-29 Oktober 2017.

Test event yang sekaligus Kejuaraan Nasional Wushu Senior dan Kejuaraan Wushu Tradisional sebagai langkah awal dalam upaya mewujudkan keinginan tersebut.

"Ini kan menyangkut nama bangsa dan negara. Makanya, test event cabang wushu ini sekaligus sebagai uji coba untuk melihat kesiapan kepanitiaan. Dari sini kita akan melakukan evaluasi untuk lebih menyempurnakan pada pelaksanaan nanti," jelasnya.

Di test event ini dipastikan sebanyak 547 atlit dari 20 perkumpulan dan pengprov WI di Indonesia akan tampil. Selain nomor Sanda putra dan putri , juga dipertandingkan nomor tradisional. Rencananya, test event wushu Asian Games akan dibuka secara resmi Menpora Imam Nahrawi dan dihadiri Ketua Umum PB WI Airlangga Hartarto yang juga Menteri Perindustrian.***