JAKARTA - Pengurus Besar Persatuan Golf Indonesia (PB PGI) menggandeng lima Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar Indonesia Open 2017 di Pondok Indah Golf Course Jakarta, 26-30 Oktober 2017.

Kelima BUMN tersebut Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), Mandiri, dan Telkom Indonesia.

Di event golf kebanggaan Indonesia yang sudah digelar sejak tahun 1974 ini tampil dua pemain top Asia yakni Gaganjeet Bhulla dan Thaworn Wiratchant.

"Selalu ada getaran positif pada saya saat datang ke Indonesia. Saya selalu bermain baik terutama di lapangan ini, dimana merupakan salah saru yang baik yang pernah saya mainkan dalam waktu yang lama," kata Bhullar, pegolf berusia 29 tahun yang merupakan juara Indonesia Open 2013 dan 2016.

Pegolf asal India ini merupakan pemain kelima yang pernah dua kali menjuarai Indoneaia Open. Empat pemain lainnya adalah Thaworn Wiratchant, Frank Nobilo, Frankir Minoza, dan Lu Hsin-chuen.

Tahun 2017, merupakan tahun yang istimewa untuk penyelenggaraan Indonesia Open. Empat bank pemerintah melalui Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) yaitu, BRI, BNI, Mandiri dan Bank Tabungan Negara (BTN) serta Telkom Indonesia menjadi sponsor untuk penyelenggaraan turnamen ini. Selain itu, PB PGI juga menjadi penyelenggara langsung tanpa melibatkan Event Organizer (EO).

"Beberapa tahun terakhir, pemerintah melalui BUMN sudah ikut memberikan dukungan. Tahun ini, kita mendapat dukungan pemerintah melalui Himbara yaitu BRI, BNI, Mandiri, BTN, dan Telkom Indonesia. Dengan dukungan mereka, turnamen ini semakin besar dan bergengsi. Saya harap turnamen ini dapat mendukung perkembangan golf di Indonesia dan juara di Asia. Ini akan menjadi kesempatan yang baik untuk pemain-pemain Indonesia baik profesional maupun amatir," kata Ketua Umum PB PGI, Murdaya Po.

Sebagai tuan rumah, Indonesia mendapatkan jatah 20 pemain pro dan 8 pegolf amatir. Total 140 pegolf dari berbagai negara akan ikut berpartisipasi di turnamen berhadiah 300 ribu dolar AS ihi.

"Dukungan Bank BRI kepada event Indonesia Open ini merupakan bentuk komitmen untuk turut memajukan olahraga dan pariwisata di Indonesia. Saat ini, event olahraga bukan hanya sebatas pertandingan itu sendiri, tapi juga dibalut tanggung jawab serta nasionalisme, khususnya bagi Indonesia selaku tuan rumah. Harapannya, dengan keberhasilan penyelenggaraan event Indonesia Open 2017 akan turut meningkatkan citra Indonesia di mata internasional," kata Direktur Hubungan Kelembagaan Bank BRI Sis Apik Wijayanto.

Direktur Bisnis Konsumer BNI, Anggo Eko Cahyo mengungkapkan, keikutsertaan BNI dalam mendukung Indonesia Open 2017 ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan awareness dan reognition BNI yang sedang bertransformasi menjadi Digital Financial Institution.

Dalam dunia olahraga, BNI mengusung tema aktifitas Digisport yang diterapkan dalam perhelatan Indonesia Open 2017 secara online sehingga menggaungkan event tersebut melalui jaringan digital.

"Sebagai bagian dari Digisport, BNI berupaya untuk menghadirkan experience digital dari setiap olahraga yang kami dukung, seperti live score diaplikasi BNI experience dan hilite turnamen di social media dan berbagai experience digital lainnya," kata Anggoro Eko Cahyo.

"Melalui event internasional ini, kami ingin terlibat aktif dalam pembinaan atlit-atlit amatir dalam negeri sekaligus memberikan pengalaman berkompetisi secara langsung dengan pegolf manca negara. Harapan kita, pegolf amatir dapat mengasah kemampuan untuk meraih prestasi terbaik di sini atau di ajang golf lainnya," ungkap Maristella Tri Haryanti, Vice President Bank Mandiri.

"Perkembangan olahraga golf di Indoneaia cukup menggembirakan dimana muncul bibit-bibit muda potensial yang nantinya akan mewakili Indonesia dalam setiap turnamen golf. Dengan adanya turnamen Indonesia Open ini diharapkan dapat memotivasi para bibit muda tersebut untuk semakin berprestasi dan meraih hasil terbaik. Oleh karena itu, Bank BTN sangat mendukung turnamen golf Infonesia Open 2017 ini, dimana hal ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Bank BTN terhadap perkembangan golf Indonesia," kata Agus Susanto, Corsec BTN.

Josh Burack selaku CEO Asian Tour menyatakan apresiasi atas penyelenggaraan turnamen ini Menurutnya, Indonesia Open merupakan salah satu national open yang terkenal di Asia.

"Atas nama para pemain-pemain berbakat kami, saya ingin menambahkan apresiasi terdalam kami untuk para sponsor atas komitmen dan dukungannya," kata dia.***