PALAS - Ratusan masyarakat di Kabupaten Padang Lawas mendapatkan pelayanan operasi karatak gratis di RSUD Sibuhuan. Program bakti sosial katarak yang bersumber dari APBD Pemprovsu ini dilaksanakan Dinas Kesehatan Palas, Jumat(20/10/2017). Sebelum dilakukan operasi katarak, pasien terlebih dahulu menjalani pemeriksaan signs dan mata , seterusnya dilakukan pemeriksaan laboratorium dan dilanjutkan dengan operasi.

Kepala Dinas Kesehatan Palas, Hj Leli Ramayulis mengatakan, bakti sosial yang dilakukan itu sebagai bentuk program pemerintah dalam membantu masyarakat kurang mampu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Didampingi Sekretaris dr Ummi Sahara Matondang, Hj Leli menjelaskan, pelaksanaan operasi katarak yang sedang berlangsung di RSUD Sibuhuan sudah 35 pasien yang telah menjalani operasi dan tersisa 40 pasien lagi yang saat ini sedang menunggu antrian untuk dilakukan operasi.

"Dari 107 orang yang mendaftar, hanya 75 orang yang datang untuk pemeriksaan mata dan berlanjut ke tingkat operasi," sebut dia.

Kegiatan yang akan terus dilakukan secara berkesinambungan dalam rangka membantu masyarakat kurang mampu itu merupakan kepedulian pemerintah sesuai dengan agenda program dinas kesehatan.

Wakil Bupati Palas drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt menyempatkan diri mengunjungi masyarakat yang menjalani operasi mata di rumah sakit milik pemerintah tersebut.

Peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyrakat, kata Wabup, seperti operasi katarak mata bagi warga kurang mampu bersentuhan langsung dengan sasaran skala prioritas pemerintah dalam mengaplikasikan terwujudnya masyarakat Palas yang sehat jasmani dan rohani.