LABURA - Komandan Kodim 0209/LB Letkol Czi Denden Sumarlin membuka Gebyar Pramuka ke-V Kwartir Cabang Kabupaten Labuhanbatu Utara, Jumat (20/10/2017) di Bumi Perkemahan Lapangan Bola YAP As Syarif, Desa Kuala Beringin, Kecamatan Kualuh Hulu, Labura. Dalam kesempatannya, Dandim memberikan pembekalan wawasan kebangsaan kepada 1.000-an peserta Gerakan Pramuka agar direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Saya berharap, dengan pelaksanaan kegiatan perkemahan ini, dapat menciptakan peserta yang mandiri dan dapat menjadi magnet kegiatan anak muda (remaja), serta mampu menjadi inspirasi di kalangan masyarakat," ujar Dandim.

Gerakan Pramuka, kata Dandim, harus dapat tampil Maju, Hebat dan Bermartabat (Maheta), serta harus mampu mengaplikasikan tema gebyar kali ini yakni 'Aktif, Kreatif dan Bersaing' yang dikenal dengan singkatan AKRAB.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Labura, Hendriyanto Sitorus mengatakan, dengan terlaksananya perkemahan Pramuka ini diharapkan menjadi wadah pertemuan bagi Pramuka Pengalang, Penegak dan Pendega se-Kabupaten Labura.

"Kegiatan ini merupakan salah satu media untuk mempererat tali persaudaraan sesama anggota Pramuka dalam berbagai aktifitas yang inovatif, kreatif, edukatif dan produktif dalam bentuk konsep Perkemahan," jelasnya.

Tak hanya itu, Hendriyanto juga berharap, Gerakan Pramuka dapat menjadi garda terdepan bangkitnya pemuda dalam berbagai aktifitas yang kreatif, inovatif, edukatif dan produktif.

Pada gebyar pramuka ini, dihadiri Ketua PKK Labura Hj. Elizarwati Khairuddin Sitorus, Irwan MPd Kacab Dinas Pendidikan Kecamatan Kualuh Hulu, Unsur SKPD Labura, Para Camat, Lurah, Kades Se-Labura, dan Erwin Siregar Kepala Bank Sumut, Ketua KONI Labura Maria Nusa serta sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat.