PALAS - Bupati Padang Lawas, H. Ali Sutan Harahap (TSO) mengapresiasi karya siswa SMKN 1 Barumun yang keluar sebagai juara 1 lomba maskot Pilkada Palas 2018. "Saya kagum dengan kemampuan siswa SMK ini, tentang cara mendesain dan menata artistik secara baik sesuai yang diharapkan," kata TSO, Selasa (17/10/2017) seraya mengacung jempol kepada Syalman Al Faryz Hasibuan yang mampu menciptakan desain dengan menarik.

TSO pun tak menyangka dari sekian banyak peserta yang mengikuti kompetisi cipta maskot, seorang pelajar keluar sebagai  pemenang lomba desain maskot.

"Harapan kita, hendaknya prestasi dan kreatif Syalman dapat menjadi motivasi bagi siswa lainnya agar selalu menguasai pengetahuan teknologi dengan baik, sehingga menimbuhkan minat dan bakat untuk berkarya," pesannya. 

Ketua KPU Palas, Syarifufdin Daulay didampingi Divisi SDM dan Parmas Amran Pulungan menjelaskan, karya maskot dengan nama Sigodang merupakan hasil desain siswa kelas tiga SMKN 1 Barumun jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) yang berdomisili di Desa Sipagabu, Kecamatan Aek Nabara Barumun.

"Dirinya berhak untuk mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 5 juta dari panitia ditambah piagam. Penghargaan dan tambahan aspresiasi hasil karya (kita berikan sebesar) 200 ribu (rupiah)," kata Amran. 

Kata Amran, banyak peserta dari berbagai kalangan yang telah berpartisipasi mensukseskan pemilu melalalui karya desain. Tentu ini menggambarkan kearifan lokal yang membangun budaya dan adat istiadat sebagai daerah yang menjaga kebersamaan dan kekondusifan.

Menurut Amran, selaku panitia perlombaan maskot dan jingle, karya Syalman pantas menjadi juara atas desainnya. Karena memiliki keunikan tersendiri, sehingga bisa menjadi ikon Pilkada Kabupaten Palas.