MEDAN - Tak cukup hanya menunggu pelamar datang ke kantornya di CBD Polonia, Medan. Penyedia aplikator transportasi berbasis online, Grab, juga melakukan sistem jemput bola guna merekrut driver atau mitra sebanyak-banyaknya. Khususnya adalah Grabcar.

Utamanya adalah di sentra-sentra keramaian seperti mall atau pusat perbelanjaan. Salah satunya seperti yang terpantau. Grab mendirikan booth di lantai 1 Medan Fair Plaza. Dijaga dua orang stafnya, GRAB menawarkan ke setiap pengunjung yang berminat menjadi mitra.

"Cukup melengkapi Kartu Tanda Penduduk, SIM A dan STNK, setiap peminat bisa jadi mitra dalam waktu singkat. Setelah mengikuti training, dalam 1X24 jam sudah bisa beroperasi," kata Nana, pigak dari Grab menjelaskan kepada medanbisnisdaily.com.

Jelas Nana, sudah sekitar satu bulan ini Grab menjemput mitra di mall-mall. Salah satu lainnya di Millennium Plaza. Di saat weekend biasanya pelamar lebih banyak. Setiap harinya selalu ada pemilik mobil yang melamar jadi mitra.

Kontras dengan sikap driver Grab yang sudah lama bermitra, mereka justru menginginkan agar pihak aplikator menghentikan perekrutan mitra baru. Sebab saat ini dikatakan jumlahnya sudah over.

Sebagaimana pernah diberitakan medanbisnisdaily.com baru-baru ini, sesama driver angkutan berbasis online saat ini sudah saling "memakan". Mereka kesulitan memenuhi target jumlah penumpang. Penyebabnya tak lain jumlah armada yang sudah mencapai over.

Disebutkan saat ini total angkutan mobil online berjumlah kurang lebih 20.000 unit. Terdiri atas Grab, Gocar dan Uber.