MEDAN - Sejak Kamis (12/10/2017) malam, hujan mengguyur sejumlah daerah di Sumatera Utara. Hingga hari ini, puluhan daerah di Sumatera Utara berpotensi dilanda cuaca buruk.

Berdasarkan pantauan satelit Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, ada 26 kawasan yang bakal mengalami cuaca buruk.

Rata-rata, daerah ini akan dilanda hujan disertai angin kencang.
"Cuaca buruk berupa hujan deras lebih awal mengguyur 16 daerah di Sumatera Utara. Hujan terjadi mulai pukul 07.00 WIB setelah sebelumnya subuh tadi pun terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang," kata Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Syahnan, Jumat (13/10/2017).

Syahnan mengatakan, adapun 16 kawasan yang lebih dulu dilanda hujan ringan hingga lebat yakni Medan, Binjai, Langkat, Deliserdang, Tebingtinggi, Serdang Bedagai, Batubara, Asahan, dan Pematang Siantar. Kemudian, hujan juga terjadi di Simalungun, Tanah Karo, Samosir, Tanjung Balai, Labuhan Batu, Toba Samosir, dan Dairi.

"Hujan akan meluas hingga ke 10 kawasan. Diprediksi, hujan akan terjadi lagi pukul 11.30 WIB di daerah Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu Selatan, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, dan Mandailing Natal," ungkap Syahnan.

Syahnan mengimbau kepada masyarakat untuk tetap hati-hati saat keluar rumah. Cuaca buruk berupa hujan deras cendrung membuahkan jalanan licin, dan khusus di wilayah pegunungan rawan terjadi longsor.