MEDAN- Tak mau kecolongan, jelang kedatangan Presiden RI Jokowi ke Sumatera Utara, Kodam I Bukit Barisan dan Polda Sumatera Utara, melakukan gelar pasukan di Lapangan Benteng, Kota Medan, Kamis (12/10/2017).

Direncanakan, Jokowi sejak Jumat (13/10/2017), akan melakukan kunjungan kerja di Sumatera Utara, untuk meresmikan pengoperasian Jalan Tol Kualanamu dari Pintu Gerbang Kualanamu hingga Pintu Gerbang Sei Rampah.

Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw dan Pangdam Bukit Barisan, Mayor Jenderal TNI Cucu Sumantri turut melakukan pemeriksaan pasukan dan perlengkapan pengamanan Presiden Jokowi, seperti kendaraan lapis baja buatan Pindad, Tank Anoa.

Pangdam Bukit Barisan, Mayor Jenderal TNI Cucu Sumantri mengutarakan dalam pengamanan ini mereka menyiapkan pasukan 1750 personel.

"Pasukan ditempatkan di daerah-daerah yang dikunjungi. Banyaknya pasukan disesuaikan dengan lokasi yang dikunjungi," ujarnya.

Sesuai prosedur pengamanan, Mayor Jenderal TNI Cucu Sumantri mengutarakan, bahwa mereka akan menempatkan penembak jitu dari TNI dan Polisi.

"Pengamanan ada kami siapkan Sniper dari Brimob dan TNI," ujarnya.

Mayor Jenderal TNI Cucu Sumantri saat memberikan sambutan kepada pasukannya meminta segenap pasukan kompak dan solid saat menjalankan tugas pengamanan kepada Presiden Jokowi. "Mari kita buktikan kalau Polisi dan TNI Solid," ujarnya.

Sementara Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Paulus Waterpauw mengutarakan supaya segenap pasukan yang bertugas supaya fokus dan lebih teliti dalam menjalankan tugasnya.

"Semua aturan yang sudah ada, harus ditaati demi kelacaran tugas pengamanan presiden saat melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Utara," ujarnya.