TAPANULI SELATAN - Warga Desa Paragrutan Luat Harangan dan Desa Panaungan mendapatkan pengetahuan tentang bercocok tanam yang baik dan benar, Kamis (12/102017) di kantor Desa Pargarutan Luat Harangan. Penyuluhan yang diberikan Dinas Pertanian dan Perkebunan Tapanuli Selatan ini merupakan rangkaian TMMD Ke-100 TA 2017 Kodim 0212/TS.

Dalam materinya, penyuluh dari Dinas Partanian Tapsel, Chairul Harahap menyampaikan kepada warga dari dua desa yang mayoritasnya sebagai petani itu untuk mengetahui konstur tanah dan tanaman yang sesuai dengan kondisi lahan, mulai dari kebun sampai sawah.

Selain itu, Chairul juga menjelaskan kepada warga jenis-jenis penyakit yang biasa menyerang tanaman, cara pencegahan penyakit maupun hama dan jenis obat-obatan yang digunakan untuk menangani penyakit/hama yang menyerang tanaman.

Tidak hanya itu, bagaimana cara meningkatkan mutu, kualitas dan hasil tanaman juga tak lupa dipaparkan kepada warga khususnya tanaman kopi, coklat dan karet yang pada umumnya di tanam oleh warga.

"Saya mengharapkan warga yang akan bercocok tanam agar terlebih dulu memperhatikan konstur tanah yang akan diolah, baru menentukan jenis tanaman apa yang akan ditanam. Dan utamakan melakukan pencegahan penyakit tanaman itu sebelum terkena penyakit, seperti istilah dunia medis lebih baik mencegah dari pada mengobati," jelas Chairul sambil berseloroh.

Dansatgas TMMD ke-100 TA 2017 Kodim 0212/TS Letkol Arm Azhari menjelaskan, penyuluhan ini penting dilakukan. Sebab bidang pertanian dan perkebunan sangat berguna bagi warga di lokasi TMMD ke-100 ini. Apalagi mayoritas warga di desa itu berpenghasilan dari pertanian.

"Untuk itu kami meminta Dinas Pertanian dan Perkebunan Pemkab Tapsel kita undang untuk menyampaikan penyuluhan kepada warga di sini," ujar pimpinan tertinggi di Kodim 0212/TS tersebut.

Sementara itu, salah seorang warga Panaungan, Ucok Harahap merasakan banyaknya manfaat dari penyuluhan yang dilakukan itu.

"Allahamdulillah ma, martamba parbinotoan niba na martani dung dibege aha na dipalalu ni bapak nasan pertanian i (Allahamdulillah, pengetahuan kita di bidang pertanian ini jadi bertambah setelah mendengar penyampaian bapak dari pertanian tadi," ujar Ucok lega.