MEDAN-Presiden Jokowi disebut akan turun langsung meresmikan operasional ruas jalan Tol Medan-Binjai sepanjag 10,6 kilometer. Menurut Kepala Cabang Jalan Tol Medan-Binjai, Rubiantoro, secara keseluruhan ruas jalan yang menjadi bagian dari tol Trans Sumatera tersebut sudah siap operasi. 

"Pada dasarnya, secara operasional dinyatakan siap. Setelah diresmikan, langsung kita buka," ujarnya saat mendampingi kunjungan Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi di pintu gerbang tol Medan-Binjai.

Dalam peninjauan tersebut, rombongan gubernur dan pihak Jasa Marga melihat langsung kondisi ruas jalan mulai dari pintu tol Kapten Sumarsono, lanjut ke pintu Sei Semayang dan berakhir di Pintu Tol Binjai.

Gubernur Sumut mengatakan ruas jalur tersebut memang sudah layak beroperasi. Salah satu masalah yang masih ditemukan yakni interkoneksi ruas tol Binjai-Medan ke ruas Medan-Kuala Namu. 

"Langkah terakhir adalah melakukan konsinyasi atau menitipkan uang ke pengadilan. Targetkan Desember selesai," ujar Tengku Erry.

Data yang diperoleh panjang interkoneksi tol Tanjung Mulia dengan Kapten Sumarsono mencapai 3,3 km. Jika jalur tersebut selesai maka ruas tol Binjai hingga ke Kuala Namu akan langsung tuntas.