PALAS - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Lawas terus melakukan pembinaan kualitas guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan berbagai pelatihan dan diklat. Pelatihan kompetensi atau disebut diklat berjenjang ini dilakukan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas mutu pendidikan dalam pencapaian mutu standart berbasis kompetitif.

“Sudah 50-an guru PAUD yang telah mengikuti pelatihan diklat berjenjang ini. Namun, masih banyak yang harus dibenahi untuk pembekalan terhadap para guru PAUD kita agar lebih efektif dalam penerapann kegiatan proses belajar mengajar,” terang Kabid Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Disdikbud Palas Hj Rosidawati Suryani Pulungan, Selasa (10/10/2017).

Untuk meningkatkan kompetensi guru PAUD, tentunya akan dilaksanakan kualifikasi agar dapat dinyatakan berkompotten dan layak untuk mengajar anak didik di jenjang pendidikan usia dini.

Suryani mengakui, masih banyak guru PAUD yang bukan lulusan S1 PAUD. Hal ini menjadi perhatian serius bagi Disdikbud untuk memberikan kesempatan kepada mereka agar dapat terus mengajar.

"Tentunya harus mengikuti diklat berjenjang atau melanjutkan pendidikan," ungkapnya.

Para guru, sambung dia, bisa terus mengajar dengan mengikuti diklat ini. Sebab, dengan mengikuti diklat tentu dilatih untuk meningkatkan kompetensi.

"Kalau sudah mengikuti jenjang ini, setara dengan guru S1,” ujarnya sembari menambahkan, diklat berjenjang ini melewati jenjang dasar, lanjutan, dan jenjang mahir.