MEDAN - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan, melakukan kunjungan kerja dan rapat membahas pengembangan Danau Toba di Kantor Badan Otoritas Pariwisata Danau Toba (BOPDT), Jalan Pattimura Medan, Jumat (6/10/2017). "Saya datang ke sini untuk rapat mengenai pengembangan Otoritas Danau Toba dan juga untuk investasi mengenai pelabuhan serta jalan terintegrasi," ucap Luhut.

Dalam rapat tersebut juga hadir Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi, Wagubsu, Nurhajizah Marpaung, Direktur Utama Badan Otoritas Pariwisata Danau Toba, Arie Prasetyo dan sejumlah unsur SKPD di jajaran Provsu.

Luhut menjelaskan, pada akhir tahun 2017 administrasi lahan seluas 605 hektare untuk resort ditargetkan selesai.

"Kita berharap urusan tanah resort dapat selesai tahun ini sehingga nantinya lima orang investor yang masuk bisa membangun hotel dan convention center di Sibisa," jelasnya.

Selain itu, Luhut juga menuturkan bahwa dalam rangka annual meeting akan ditambah dua kapal pesiar, sedangkan di Resort Sibisa akan dibangun kebun bunga.

"Saat ini kapal pesiar itu sedang tahap pengerjaan. Selain di Sibisa juga akan dibuat kebun bunga. Kita juga akan membuat resort di daerah Humbang Hasundutan yang luasnya kira-kira 500-an hektare," pungkasnya.