Pematangsiantar-"Ayah, Ayah, Ayah, Ayah," ringis seorang anak perempuan berumur 1 tahun 9 bulan menahan sakit saat dirawat di Rumah Sakit Tiara, Jalan Menambing, Kota Pematangsiantar.

Tubuh bayi bernama Dera Mutia ini melepuh karena masuk ke dalam dandang berisi kua mi sop panas. Tubuhnya pun terbalut perban.

Balita mungil ini minta digendong, "Endong, endong, endong," pinta Dera.

Tak tahan dengan permintaan Dera, ibu Dera bernama Desi Yusnita Damanik, merengkuh bayinya itu dan meletakkan dipangkuanya.

Menurut Haryadi, ayah Dera, musibah menimpa putrinya itu terjadi pada Selasa (3/10/2017).

Warga Jalan Sadum, Kota Pematangsiantar ini mengatakan, kejadianya di kedai mi sop milik istrinya. "Kejadianya di rumah, sekitar pukul 12.00, Bang,” ucapnya.

Pedagang sate ini mengaku pada saat kejadian dia sedang jualan sate, "Pas kejadian aku lagi jualan. Kira-kira jam 12.00 aku ditelepon. Penelepon bilang sama aku, anak mu kena kuah misop," ucap Haryadi.

Haryadi juga mengatakan, menurut cerita orang kepadanya, pada saat kejadian kedai istrinya lagi ramai dikunjungi para pembeli. Posisi dandang berisi kuah mi

Saat itu, Dera sedang bermain-main dengan cara jalan mundun. "Mundur dia, trus tersenggolnya dandang, terjatuh, masuk ke dalam, terbalik, kuahnya tumpah,” ucap Haryadi menirukan penjelasan orang yang melihat kejadian tersebut.

Dia bersama tetangganya membawa Dera ke Rumah Sakit Tentara, di Jalan Gunung Simanuk-manuk. Namun pihak RS menolak.

"Kami ditolak karena ruangan Rumah Sakit Tentara penuh. Akhirnya kami memutuskan untuk membawa ke Rumah Sakit Tiara,” ujarnya.

Haryadi juga mengaku pihaknya dikenakan biaya pengobatan Dera Rp 3,76 juta. Tingginya biaya akibat RS Tiara tidak bekerja sama dengan BPJS.

"RS Tiara enggak kerja sama dengan BPJS, terpaksa kami bayar Rp 3,76 juta." terang Haryadi.

Dia mengaku rencanya malam ini akan mindahkan Dera ke RSUD Djasamen. "Malam ini kami pindahkanlah ke RS Umum, biar kena BPJS," kata Haryadi.