PERNAHKAH Anda mendengar tentang objek wisata Bukit Indah Tugu Juang 45? Terletak di Kota Rantauptapat, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, objek wisata ini menjadi salah satu tempat yang sedang hits belakangan ini. Lokasi yang cukup dekat dan akses jalan yang bagus dari inti kota Rantauprapat, sarat dengan sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

Kesadaran akan perlunya wisata sudah mewabah di masyarakat sehingga perlu terus dibangun objek-objek wisata baru di setiap daerah yang ada. Objek wisata bukit indah Tugu Juang 45 menjadi magnet tersendiri di Labuhanbatu, karena di kerjakan swadaya oleh GEMALA (Gerakan Masyarakat Labuhanbatu).

Amin Wahyoedi Harahap, selaku pelopor pembuatan tempat wisata ini mengatakan, selama ini lokasi Tugu Juang 45 tidak terurus dan sering dijadikan tempat maksiat.

"Tetapi di situ kita melihat ada potensi yang cukup besar untuk dijadikan destinasi wisata, sehingga kami (Gemala) mengerjakan tempat tersebut, dan Alhamdulillah Bupati Labuhanbatu mengapresiasi kinerja kami," ujar Amin kepada GoSumut, Rabu (4/10/2017) malam.

Sementara itu, Ketua Harian Gemala Nasir Wadiansan Harahap menjelaskan, konsep pembangunan obyek wisata di Tugu juang 45 adalah pemberdayaan masyarakat serta pemanfaatan lahan yang tidak terkelola.

"Diharapkan objek wisata ini dapat mendongkrak ekonomi kerakyatan di Labuhanbatu," ujarnya.