PALAS - H. Idaham Butar-Butar terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Padang Lawas priode 2017-2022 usai rembug paripurna pemilihan. Kegiatan rembug paripurna Kelompok Kontak Tani Andalan yang dilaksanakan, Selasa (3/10/2017) di Water Boom Dofa, Desa Tanjung, Kecamatan Ulu Barumun, itu dihadiri Sekretaris KTNA Sumut Amin Mufti Atmaja Nasution didampingi Frans Siahaan, Juang Pakpahan dan Legimen.

Ketua Panitia Bobbi Harianto mengatakan, pelaksanaan Rembug Paripurna itu berdasarkan acuan dari AD/ART KTNA sebagai forum pemilihan pengurus KTNA dan bertujuan menyusun rencana kerja periode 2017–2022.

Adapun agenda yang dibahas, sambung Ketua KTNA Palas, H. Erwin Pane yakni penyampaian dan evaluasi kerja pengurus lama sekaligus penyusunan program kerja dan penyusunan pengurusan yang baru.

Di kesempatan itu, Sekretaris KTNA Sumut, Amin mufti Atmaja Nasution menyatakan, apresiasi kepada pengurus dan utamanya ketua periode yang sudah berjalan dalam membina KTNA di daerah Palas.

Dia mengajak seluruh anggota KTNA agar bekerjasama dengan SKPD terkait dan TNI-AD untuk mendukung dan menyukseskan program kegiatan upaya khusus (Upsus) Ketahanan Pangan, yakni pengembangan komoditi Padi, Jagung dan Kedelai sebagai konstribusi nyata KTNA dalam merespon perhatian Pemda yang telah memberikan dana hibah untuk kelancaran kegiatan dan operasional KTNA.

Wakil Bupati drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu berharap, wadah organisasi yang anggotanya terdiri dari petani-nelayan andalan yang menjadi figur teladan, jujur dan memiliki semangat kerja yang tinggi, dapat memperlihatkan peran dan fungsinya.

"Dengan harapan, anggota KTNA mampu menangkap aspirasi dan memfasilitasi petani-nelayan dalam mengakses informasi pasar, permodalan, teknologi dan kelembagaan selanjutnya disebarkan kepada kelompok tani (Poktan) dan Gabungan kelompok Tani (Gapoktan) untuk dijadikan petunjuk/pegangan dalam mengelola usaha tani," pungkasnya.