JAKARTA - Pewushu andalan Indonesia Lindswell Kwok masih yang terbaik di nomor andalannya Taijiquan. Pada Kejuaraan Dunia Wushu ke14 di Rusia 28 September-3 Oktober 2017, peraih emas SEA Games Kuala lumpur 2017, sukses mempertahankan tradisi emas di nomor Taijiquan.

Lindswell meraih nilai tertinggi 9,67. Sementara medali perak diraih pewushu asal Vietnam, Tran Thi Khanh Ly nilai 9,64 dan perunggu Saito Shiho dari Jepang nilai 9,62.

Dalam pesan singkat via WhatsAp Senin ( 2/10/2017), Lindswell mengatakan prestasi yang diraih pada kejuaraan dunia ini tidak terlepas dari dukungan jajaran Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) di bawah pimpinan Ketua Umum Airlangga Hartarto.

"Ini kado dari saya buat pak Airlangga yang hari minggu kemarin genap berusia 55 tahun. Semoga di bawah pimpinan pak Airlangga wushu Indonesia semakin jaya ," ujar Lindswell kwok.

Manajer Tim Wushu Indonesia, Novita mengatakan, selain meraih 1 medali emas , Indonesia juga meraih 3 medali perak. Tiga medali perak tersebut masing -masing dipersembahkan Juwita Niza Wasni nomor Nanquan. Kemudian di bagian putra Hulaefi Ahmad (Changquan) dan Marvelo Edgar Xavier (Daoshu).

Dihubungi terpisah Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PB WI, Herman Wijaya sangat mengapresiasi keberhasilan Lindswell mempertahankan gelar juara dunia. "Ini yang ketiga Lindswell meraih juara dunia setelah 2013 dan 2015, " ujarnya.

Menurutnya, sebagai juara dunia hal yang paling sulit adalah mempertahankan apa yg telah diraih.

"Salut buat Lindswell yang memiliki semangat juang dan dedikasi yang tinggi. Kedua hal itu menjadi kunci baginya untuk tetap bisa mempertahan juara dunia," ujar Herman.

Kejuaraan Dunia Wushu ke-14 diikuti 60 negara. Indonesia menurunkan 14 atlit tediri dari 8 atlet taolu dan 6 atlit Sanda. Mereka didampingi Novita dan Sekjen PB WI Ngatino.

Tim Wushu INA

Taolu

1. Achmad Hulaefi

2. Edgar xavier Marvelo

3. Erwein Wijayanto

4. M. Daffa Golden Boy

5. Boboe Valentinus Gunawan

6. Lindswell

7. Juwita Niza Wasni

8. Felda Elvira Santoso

Sanda

1. Rosalina Simanjuntak

2. Selviah Pertiwi

3. Yusuf Widiyanto

4. Abdul Haris Sofyan

5. Hendrik Tarigan

6. Puja Riyaya

Pelatih Taolu

1. Zhang Yuening

2. Susyana Tjhan

Pelatih sanda

1. Liu Zhen

2. Marully

Manager : Novita. ***