MEDAN-Pengaruh politik di tingkat nasional, dinilai akan menjadi salah satu faktor yang menentukan dalam Pemilihan Gubernur Sumatera Utara. Politik di tingkat nasional, dalam hal ini adalah Presiden Jokowi.

Sebab, Sumatera Utara menjadi salah satu daerah yang diyakini akan mampu memberi kontribusi dalam jaringan besar pemenangan Jokowi pada Pilpres 2019.  Hal tersebut disampaikan oleh pengamat politik Shohibul Anshor Siregar melalui pesan tertulis.

"Faktor pengaruh Jakarta akan luar biasa besar karena siapa yang diyakini akan mampu menjadi jaringan besar pemenangan Jokowi pada Pilpres 2019 atau siapa yang paling dipercaya sebaliknya akan berpeluang besar mencalonkan di daerah-daerah Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur," katanya.

Apalagi, lanjut Shohibul, polarisasi politik sudah lama terbentuk. Jadi, daerah-daerah yang akan menggelar Pilkada, termasuk Sumatera Utara, akan menentukan kekuatan jaringan pemanangan Jokowi tersebut.

"Polarisasi politik sudah terbentuk sejak lama berdasarkan aliran, dan yang untuk menyederhanakannya dapat dikategorikan menjadi kiri, tengah, dan kanan," jelasnya.

Shohibul juga menilai bahwa konsidi tersebut akan terus menguat hingga Pilkada dan Pilpres berlangsung.

"Itulah yang akan terjadi semakin menguat ke depan baik di daerah maupun di pusat," tandasnya.