PALAS - Perekrutan Panwascam di Kabupaten Padang Lawas resmi ditutup pada Selasa (26/9/2017) kemarin pukul 23.59. Begitupun dua kecamatan terpaksa diperpanjang masa perekrutannya karena kurangnya kuota. Adapun dua kecamatan itu, sebut Ketua Pokja Perekrutan Panwascan Irham Habibi Harahap, yakni Kecamatan Sihapas Barumun dan Barumun Selatan (Barsel).

"(Minimal kuota pendaftar 9 orang per kecamatan. Tapi) Sihapas masih lima, dan Barsel tujuh. Makanya diperpanjang 3 hari sampai 29 September," ujar Irham Habibi Harahap, Rabu (27/9/2017) di Sekretariat Panwaslu Palas di Jalan Jendral Sudirman Lingkungan I Pasar Sibuhuan.

Disebutkannya, keterwakilan perempuan yang mendaftar hingga akhir perekrutan mencapai 17 persen. Sesuai data, saat penutupan jumlah pendaftar sebanyak 185 peserta dari 12 kecamatan yang terdiri dari 153 kaki-laki dan 32 perempuan.

Untuk diketahui, masing-masing jumlah pendaftar, Kecamatan barumun 34 peserta, Barsel 7 peserta, Lubuk Barumun 14 peserta, Ulu Barumun 16 peserta, Sosopan 14 peserta, Aek Nabara Barumun 14 peserta, Barteng 27 peserta, Huristak 17 peserta, Siahapas Barumun 5 peserta, Sosa 16 peserta, Hutaraja Tinggi 11 peserta, dan Batang Lubu Sutam 10 peserta.

Sesuai jadwal, kata dia, perekrutan ini diawali seleksi berkas tahapan pada 1 Oktober nanti. Kemudian Panwaslu menerima tanggapan warga terhadap nama pendaftar dari 2-7 Oktober.

Pelaksanaan ujian tertulis direncanakan 3-5 Oktober. Pengumuman hasil tertulis tentatif. Hingga pelantikan direncanakan paling lama pertengahan Oktober ini.

"Para peserta diharapkan mempersiapkan diri, tentunya agar bisa menyelesaikan seluruh tahapan. Dan pada akhirnya dapat menghasilkan tiga nama terbaik per kecamatan," tukas Irham.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat untuk menjadi pengawal demokrasi panwas kecamatan, sekaligus berharap kepada seluruh pendaftar untuk tidak mempercayai oknum yang dapat meloloskan panwascam.

"Jika ada temuan tentang perekrutan ini, laporkan biar kita tindak lanjuti. Selama perekrutan ini tidak ada dipungut biaya, alias gratis," tegasnya.