MEDAN - Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sumatera Utara (USU) bekerja sama dengan Lembaga Studi Informasi Strategis (LSIS) Indonesia menggelar seminar bertajuk 'Peranan Pers dan Generasi Muda dalam Menjaga Kedaulatan dan Eksistensi NKRI, di kampus tersebut, Jumat (22/9/2017). Seminar yang dibuka Dekan FIB USU Dr Budi Agustono, menghadirkan beberapa narasumber yaitu Drs Wara Sinuhaji MHum (sejarawan FIB USU), Rizal Rudi Surya (pengurus PWI Sumut) dan Wira Putra (Presiden Pemerintahan Mahasiswa USU).

Drs Wara Sinuhaji MHum menyampaikan, pers memiliki peranan sebagai alat kontrol kinerja pemerintahan atas kebijakan yang diterapkan. Selain itu, pers juga berperan penting mengungkapkan fakta-fakta kepada masyarakat luas.

"Media dapat menjadi alat untuk membangkitkan semangat masyarakat. Tak hanya itu, media juga boleh mengkritik tetapi ada fakta atau data, bukan sekedar omong kosong saja," sebut Wara.

Namun demikian, kata dia, kondisi sekarang ini ada beberapa media yang tidak menempatkan diri sesuai fungsinya. Mereka memberitakan kebijakan pemerintah tidak pada proporsi yang benar, misalnya menjadikan fiksi sebagai fakta.

"Dalam menyebarluaskan informasi, pers harus dapat menyajikan hal-hal yang mencerdaskan masyarakat. Bukan sebaliknya, menggiring masyarakat untuk menciptakan stigma negatif," cetusnya.

Rizal Rudi Surya, pengurus PWI Sumut menyebutkan, dalam perkembangan dunia yang sangat pesat saat ini khususnya teknologi informasi, timbul persoalan di mana informasi yang tersebar luas berisi berita bohong dan ujaran kebencian. Informasi itu juga kerap mengganggu kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Di sinilah peran pers untuk mengimbangi dengan berita tandingan atau yang berisi dengan kebenaran dan fakta. Sebab, peran pers selain kontrol sosial juga berperan untuk menjaga kedaulatan dan eksistensi NKRI," ungkap dia.

Sementara, Ketua Panitia Dra Nina Karina MSP mengatakan, seminar tersebut dihadiri 130 orang peserta dari mahasiswa, akademisi atau dosen dan insan jurnalis. Diutarakannya, kegiatan ilmiah ini merupakan bagian dari rangkaian Dies Natalis ke-52 FIB USU.

"Seminar ini sangat bermanfaat, terutama bagi mahasiswa untuk menambah wawasannya. Semoga, apa yang diperoleh menjadi sesuatu yang berharga ke depannya," tutur Nina.