LABUHANBATU - Demi membina fisik dan jasmani para perwira sejajaran Kodim 0209/LB, Dandim 0209/LB Letkol Czi Denden Sumarlin melaksanakan kegiatan penyegaran jasmani (Garjas) Samapta para perwira, Jumat (22/9/2017), di Lapangan Makodim 0209/LB Rantauprapat. Kegiatan Samapta yang diikuti 24 perwira ini bertujuan untuk membiasakan para perwira agar selalu menjaga/membina fisik dan jasmani agar tetap dalam keadaan sehat dan kuat.

Adadpun tim jasmani penyelanggaraan kegiatan itu dipimpin Staf Operasi Dim 0209/LB yakni Kapten Inf Wisker Rajagukguk didampingi dr.Dedi Irwanto selaku tim kesehatan Kodim 0209/LB.

Adapun peserta Garjas Samapta yang mengikuti kegiatan itu antara lain Dandim 0209/LB Letkol Czi Denden Sumarlin, Kasdim 0209/LB Mayor Inf Ertiko Cholifa dan seluruh jajaran Perwira dan Staf Kodim 0209/LB dan para Danramil sejajaran.

Kegiatan Garjas Samapta ini dimulai dari pemeriksaan tensi oleh tim kesehatan dan dilanjutkan dengan senam pemanasan yang dipimpin oleh Serma Riston Simare-mare selaku Batih Ops Kodim 0209/LB.

Selanjutnya, Dandim 0209/LB mengumpulkan seluruh peserta garjas untuk memberi penjelasan agar para peserta tetap menjaga faktor keamanan serta menyadari kemampuan fisik masing-masing dan berharap kiranya peserta tidak memaksakan diri bila memang tidak mampu melakukannya.

"Sebelum kita memulai kegiatan mari jaga faktor keamanan, dan harus paham dengan kemampuan fisik kita masing-masing. Jangan memaksakan diri bila tidak mampu lagi," sebut Dandim.

Setelah mendengar arahan Dandim 0209/LB, peserta Garjas berkumpul pada titik start/finish dan memulai kegiatan samapta A dengan melaksanakan lari santai sepanjang 3200 meter atau melakukan 11 kali putaran lapangan Makodim 0209/LB.

Selanjutnya para peserta melanjutkan kegiatan Samapta B dengan melakukan pull up, side up dan push up serta shutterland.

Menurut Denden, kegiatan garjas itu bertujuan untuk mempersiapkan fisik para anggota ke depannya, baik samapta periodik ataupun yang mau melaksanakan sekolah lagi.

Peserta juga melakukan renang dasar di kolam Renang Banyu Wangi yang berada di Kelurahan Aek Paing, Kecamatan Rantau Utara.

"Gunakan waktu untuk membina fisik kita. Jangan sampai terlena, dan kita harus tetap menjaga pola makan sehingga kita bisa terhindar dari segala penyakit," pinya Denden.