MEDAN - Maskapai Citilink Indonesia (Citilink) berencana akan membuka rute ke Bandara Silangit. "Tidak menutup kemungkinan kita akan membuka layanan penerbangan ke sana. Tetapi, saat ini masih dalam proses pengkajian tim untuk kondisi bandara," ujar Andy saat diwawancarai di Medan belum lama ini.

Menurutnya, membuka layangan penerbangan ke Bandara Silangit memang masuk dalam wacana bisnis. Sebab, bandara tersebut salah satu di Indonesia yang memiliki potensi tetapi belum tersentuh.

Namun begitu, lanjutnya, di satu sisi harus memperhatikan infrastruktur apakah memenuhi syarat untuk dilandasi pesawat Citilink.

"Kami memiliki pesawat Airbus A320 Neo dengan kapasitas 180 penumpang. Pesawat ini membutuhkan landasan dengan luas minimum 2.200 meter persegi. Selain itu, memperhatikan juga ketinggian kondisi tanah, kelebaran dan ketebalan landasan," tutur Andy.

Diutarakan dia, Bandara Silangit sedang digenjot percepatan pembangunannya oleh pemerintah. Informasinya, bahkan mau dijadikan salah satu bandara internasional.

"Apabila nantinya dari hasil tim kajian memang sudah mumpuni dan bisa dilandasi pesawat kami, maka kenapa tidak dibuka rute ke sana," pungkasnya.