PALAS - Dalam rangka memeriahkan peringatan Tahun Baru Islam atau 1 Muharram 1439 H, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas menghadirkan penceramah dari jakarta Al Ustad Al Habsy untuk memberikan tausyiah agama kepada masyarakat. Pada Rabu (20/9/2017) malam, pawai mobil hias yang bernuansa islami akan berkeliling pusat ibukota Sibuhuan dan dilanjutkan pada esok hari, Kamis (21/9/2017), pawai santri dan devile drum band akan menyemarakkan 1 Muharram dari lokasi titik start lapangan Merdeka Sibuhuan dengan rute keliling Jalan M. Yamin SH serta Jalan Sudirman dan berakhir di lokasi Lapangan Merdeka Sibuhuan.

Sekda Palas Arpan Nasution, Selasa (19/9/2017) mengatakan, pawai mobil hias dan pawai ini melibatkan elemen lapisan masyarakat serta alim ulama dan tokoh masyarakat, yang nantinya akan dilepas secara resmi oleh Bupati Palas H. Ali Sutan Harahap (TSO) dan Wabup H. Ahmad Zarnawi Pasaribu.

Sebelum pelepasan pawai, peringatan tahun baru Islam akan dirangkai dengan sholat berjemaah dan zikir bersama.

Melalui peringatan 1 Muharram bertemakan "Dengan Semangat Tahun Baru Hijriyah, kita tumbuhkan pribadi yang beriman, cerdasdan berakhlakul karimah, hal ini sejalan dengan visi dan misi Bupati dan wakil Bupati Palas yakni mewujudkan Kabupaten Palas Beriman, Cerdas, Sehat, Sejahtera dan Berbudaya (Bercahaya).

Kabag Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten (Sekdakab) Palas, Sumindak mengatakan, kemeriahan peringatan tahun baru Islam ini dapat dijadikan momentum dalam penghayatan siar agama di daerah Palas sekaligus meningkatkan ketaqwaan dan keimanan yang lebih baik ke depan.

"Menghayati peringatan keagamaan dapat memperbaiki akhlak dan budi pekerti serta keimanan yang kuat untuk kecintaan terhadap agama sebagai pondasi yang membentuk kepribadian seseorang memiliki ketaqwaan dan keimanan," sebutnya.

Peringatan 1 Muharram ini akan dihadiri santriwan dan santriwati dari pondok pesantren, ibu-ibu pengajian amalia akbar dan para alim ulama dalam wujud membangun kebersamaan untuk lebih meningkatkan syiar agama.