PALAS - Kondisi Jalan lintas Sumatera Utara (Jalinsum) Sibuhuan Sosopan dikhawatirkan terancam putus total. Hal ini dikarenakan badan jalan terus-menerus longsor, amblas dan retak. Hancurnya badan jalan ini terjadi akibat tergerus air sungai yang berada di sisi kanan badan jalan lintas. Titik badan jalan yang paling rawan kerusakan berada tepat di Desa Ulu Aer sampai Desa Hulim, Kecamtan Sosopan, Kabupaten Padang Lawas.

Pantauan GoSumut, Jumat (15/9/2017) di lokasi, kondisi jalinsum di sepanjang jalan mulai dari Desa Pagaranbira Julu sampai Desa Hulim terendam genangan air bercampur lumpur serta batu-batu krikil tajam yang berasal dari longsoran tebing bukit yang berada di sisi kiri dan kanan badan jalan lintas.

Di sejumlah titik badan jalan ditemukan amblas karena hantaman longsor dan menyebabkan jalur lintas ke daerah Kecamatan Sosopan diprediksi putus total jika tidak segera ditangani pihak Dinas PU Provinsi Sumut. Kondisi badan jalan yang terkena longsor terdapat 10 titik di kawasan Kecamatan Sosopan.

Sedangkan badan jalan yang digenangi air sebanyak 27 titik. Parahnya lagi, trase jalan baru sebagai alternatif untuk mengantisipasi longsor juga diprediksi dalam kondisi rusak parah dengan kondisi badan jalan licin karena hanya tanah merah dengan pengerasan.

"Diprediksikan badan jalan ini amblas dan berdampak terputusnya arus transportasi kendaraan menuju ibukota Kecamatan Sosopan," ungkap Mansur Lubis.

Hal senada juga diungkapkan warga Siundol Dolok Raden yang juga perangkat desa. Dia menjelaskan, hal ini akan menggangu aktivitas masyarakat.

“Akibat guyuran hujan deras beberapa hari belakangan ini, seluruh warga desa yang berdomisili di Kecamatan Sosopan terpaksa waspada dan siaga terhadap bencana longsor dan banjir bandang yang datang mendadak tanpa terduga," ungkap Hasan lagi.

Mereka berharap, Pemerintah Provinsi Sumut dan Kabupaten Padang Lawas segera menormalisasikan sungai yang berada di sekitar desa se-Kecamatan Sosopan, mengingat saat ini masih musim hujan.

"Yang dikhwatirkan dapat menimbulkan bencana alam yang lebih besar jika tidak segara diatasi," ungkapnya.

Menyikapi hal ini, Kadis PU Palas Harry Rizal Hasibuan mengaku telah menyurati PU Bina Marga Provsu untuk segera melakukan perbaikan.

"Kita juga meminta agar ditinjau ke sejumlah titik rawan longsor agar tidak semakin menjadi ancaman terputusnya arus lalulintas via Sosopan," sebutnya.

Sebelumya Camat Sosopan, Paruhuman Harahap mengakui, jika musim penghujan begini kondisi jalan menuju Kecamatan Sosopan sulit dilalui. Masyarakat diminta harus ekstra hati-hati, jika tidak akan jatuh ke jurang yang berada di sisi kiri badan jalan yang amblas hanya tinggal beberapa meter saja.