JAKARTA - Pelatih timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri mengakui, Timnas U 19 Indonesia akan menghadapi pertarungan berat menghadapi Tim Thailand di babak semifinal Piala AFF U-18.

Makanya, dia meminta pemain harus siap secara fisik dan mental saat bertemu skuad Negeri Gajah Putih yang menjadi salah satu kandidat juara di turnamen ini.

"Kami harus siap secara taktik, fisik, kebugaran dan mental menghadapi Thailand. Dan, saya selalu tekankan kepada pemain agar selalu percaya diri, fokus serta optimis," kata Indra Sjafri, Kamis (14/9/2017).

Sesuai jadwal yang tertera di laman resmi AFF, semestinya partai Indonesia lawan Thailand dilangsungkan di Stadion Thuwunna, Yangon, Jumat (15/9/2017) malam. Lantaran tuan rumah Myanmar ingin bermain malam lawan Malaysia, maka laga Garuda Nusantara versus Gajah Perang berganti Jumat sore. (Siaran langsung Indosiar pukul 15.30 WIB).

Untuk menjaga kebugaran pemain yang hanya memiliki masa istirahat satu hari sebelum babak semifinal digelar, kata Indra Sjafri, Timnas hanya diberikan porsi latihan ringan.

"Kami akui jadwal turnamen padat, kami ingin kebugaran anak-anak kembali lagi, sedangkan yang cedera hari ini ditangani secepatnya tim medis. Kami ingin semua pemain bisa dalam kondisi terbaik," jelas juru racik asal Padang tersebut.

Mengenai kekuatan dan kelemahan Thailand, dia tak menyebut secara spesifik. Indra hanya menuturkan jika semua kontestan di turnamen ini perlu dihormati. Sebab, pembinaan usia muda di Asia Tenggara berjalan sesuai skenario. "Yang jelas semua tim yang kita hadapi, kami harus respek. Saat ini pembinaan usia muda di semua negara di ASEAN sudah berjalan sudah baik," ungkapnya.

Penyerang Indonesia Saddil Ramdani menyatakan, semua pemain dalam kondisi siap tempur menghadapi Thailand. Pihaknya berharap tak memiliki beban mental karena pada tahun lalu Indonesia pernah kalah 2-3, meski saat itu unggul terlebih dulu.

Selain itu, kekalahan 0-3 dari Vietnam di babak penyisihan, diyakini tak akan terulang di laga kontea Thailand. Menurut Saddil, tim pelatih sudah menginstruksikan bagaimana caranya mengatasi pasukan Gajah Perang.

"Mereka tim kuat, tapi pasti ada kelemahan. Besok (hari ini) kami akan berjuang secara maksimal karena kami ingin ke final dan juara," kata Saddil.

Manajer timnas Indonesia U-18 Roni Fauzan berharap kepada Rachmat Irianto dan kawan-kawan bermain fokus dari awal hingga peluit panjang dibunyikan wasit. Dia juga menilai, motivasi dan kepercayaan diri pemain meningkat usai lolos semifinal.

"Saya yakin mereka mampu bermain tenang, lepas, sabar dan tanpa beban melawan Thailand. Main di sore hari dengan cuaca terik saya kira tidak masalah, kita sudah dua kali main di jam yang sama," tandasnya. ***