MEDAN - Perusahaan layanan jasa antar barang PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) terus memperluas jaringan bisnisnya. JNE menargetkan gerai berada pada setiap kecamatan di Sumatera Utara (Sumut). Saat ini jaringan bisnis JNE yang ada di seluruh daerah Sumut sudah mencapai 60 persen. Khusus di Kota Medan sekitarnya, telah mencapai 274 titik layanan sampai dengan tingkat kecamatan.

"Target kita memiliki 1 gerai berada setiap kecamatan yang ada di Sumut. Saat ini kita terus berupaya mencapainya," ujar Branch Manager JNE Cabang Utama Medan, Fikri Alhaq Fachryana didampingi sejumlah jajaran pimpinan JNE Cabang Utama Medan dalam media gathering di Hotel Santika, Kamis (14/9/2017).

Dia menyebutkan, sejak ekspansi pada tahun 1997 silam di Sumut, hingga kini terdapat 42 kantor perwakilan dan cabang/sub agen yang tersebar. Antara lain, 9 kantor perwakilan di Medan, dan 33 cabang/sub agen di seluruh wilayah Sumut.

"Dari seluruh kantor perwakilan dan cabang/sub agen yang di Sumut, ada 3 kabupaten/kota tujuan pengiriman barang terbanyak yaitu Medan, Deli Serdang dan Nias," sebut Fikri.

Lebih jauh dia mengatakan, seiring pesatnya pertumbuhan binis e-commerce yang berbarengan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, jumlah transaksi pengiriman pelanggan JNE juga mengalami peningkatan yang mencapai 30-40 persen setiap tahunnya sejak 2010. Peningkatan tersebut terus konsisten hingga saat ini.

"Jumlah pengiriman e-commerce mendominasi pengiriman JNE saat ini. Terhitung, sekitar 60-70 persen berasal dari bisnis dunia digital," beber Fikri.

Dia melanjutkan, dengan pesatnya pertumbuhan e-commerce mendorong pihaknya untuk lebih meningkatkan kebutuhan akan distribusi barang di masyarakat, baik segi jumlah maupun layanan. Oleh sebab itu, JNE berinovasi dengan berbagai produk layanan maupun program-programnya.

"JNE telah banyak bekerja sama dengan situs belanja online terkemuka di Indonesia. Seperti Shoppe, Tokopedia, Lazada, Blibli, Bukalapak, Zalora, dan sebagainya," tukas Fikri.