MEDAN-Tak hadir pada tahapan fit and proper test atau penyampaian visi dan misi bakal calon Gubernur Sumut yang bakal diusung pada Pilgubsu 2018 yang diselenggarakan DPP PDI Perjuangan, Senin (11/9/2017), dipastikan Letjen Eddy Rahmayadi akan datang pada gelombang kedua. Demikian dijelaskan Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut, Japorman.

Oleh timnya yang hadir pada fit and proper test gelombang I, diminta Eddy diberi kesempatan menyampaikan visi dan misinya pada gelombang berikutnya.

"Dia pasti hadir nanti pada gelombang kedua yang dilaksanakan awal Oktober," kata Japorman melalui sambungan telepon.

Tentang status Eddy Rahmayadi yang masih aktif menjabat Pangkostrad, Japorman menyatakan sudah ada tanda-tanda dia akan mengundurkan diri dari TNI atau pensiun dini. Kepastiannya adalah saat pendaftaran pasangan calon ke Komisi Pemilihan Umum pada Januari tahun depan.

"Tapi proses pengunduraan diri atau pensiun dini memang tidak mudah, belum tentu Presiden setuju," kata Japorman yang pernah menjabat Wakil Ketua DPRD Sumut ini

Bersamaan dengan proses penetapan pasangan calon Gubsu yang akan diusung, Japorman mengatakan, DPP PDIP juga tengah menjajaki parpol yang akan diajak berkoalisi.

Sebab parpol berlambang banteng moncong putih ini tidak memenuhi syarat mencalonkan pasangan calon sendiri, karena hanya memiliki 16 kursi di DPRD Sumut. Dibutuhkan empat suara lagi agar sesuai dengan ketentuan.