JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri mengatakan Timnas U 19 akan tampil beda saat menghadapi Vietnam pada pertandingan babak penyisihan Grup B Piala AFF U-18 di Stadion Thuwunna, Yangon, Senin (11/9/2017).

Pada pertandingan yang akan disiarkan langsung Indosiar pukul 15.30 WIB itu, Indra Syafri akan menurunkan materi pemain yang berbeda pada pertandingan sebelumnya. Tujuannya, agar Vietnam tidak bisa mempelajari gaya Indonesia pada dua pertandingan sebelumnya lawan Myanmar dan Filipina.

"Prinsipnya, setiap pertandingan kami akan berikan cara yang berbeda dengan identitas yang sama, dan mungkin dengan pemain yang sedikit berbeda," kata Indra Sjafri, Minggu (10/9/2017).

Meski tim pelatih sudah mempelajari bagaimana cara bermain Vietnam dan materi pemain yang akan diturunkan, tapi Indra tak mau menyebutkan sisi kelemahan The Golden Stars karena ini menjadi bagian strategi yang dirahasiakan.

"Kami sudah simulasikan untuk lawan Vietnam. Saya tidak perlu menyebutkan pemain mereka yang kami waspadai ataupun terkait kelebihan dan kelemahan mereka. Kalau saya sebutkan, nanti dia juga bisa baca di media, biar itu untuk internal kami saja," ungkapnya.

Jika melihat gaya Vietnam menghadapi Brunei Darussalam, mereka cukup agesif dan cepat. The Golden Stars tak memberikan Brunei untuk berlama-lama menguasai bola. Begitu bola terlepas, pemain Vietnam langsung mengejar, lalu merebut kembali. Setelah itu mereka membangun serangan untuk mencetak gol. Strategi tersebut cukup ampuh hingga mereka sukses menang telak, 8-1.

Di sisi lain, Indra Sjafri mengakui permainan anak-anak asuhannya belum sempurna, meski di dua laga sebelumnya selalu menang.

Menurut dia, masih ada beberapa kekurangan yang perlu dibenahi sebelum Garuda Muda bentrok lawan Vietnam. Sebab hasil nanti akan menjadi penentu status Indonesia, apakah lolos ke semifinal sebagai juara grup atau runner up. "Tim ini masih belum 100 persen (performanya) seperti yang kami inginkan. Masih ada yang harus dibenahi dalam permainan anak-anak sehingga bisa tampil lebih baik lagi," jelasnya.

Saat ini kondisi pemain dalam keadaan prima. Gelandang Witan Sulaeman yang sempat terserang demam, kondisinya telah membaik. "Seluruh pemain yang kami bawa sudah oke semua," ujar Indra.

Para pemain juga siap tampil all out untuk mengamankan poin penuh. Bahkan, pemain belakang Indonesia Nurhidayat mengatakan siap mengantisipasi permainan cepat yang diperagakan Vietnam.

"Pelatih sudah memberikan formula untuk mengantisipasi gaya main cepat Vietnam serta kelemahan tim tersebut. Kami ingin menang dan segera memastikan tiket ke semifinal. Yang pasti, saya dan semua pemain sudah siap tempur melawan Vietnam," tegasnya. ***