PADANG LAWAS - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bekerjasama dengan Wakil ketua Komisi IX DPR RI Dr.H.Saleh Partaonan Daulay dan Dinas Kesehatan dan Dinsos menggelar sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Minggu (10/9/2017), di Gedung Balai Desa Banua Tonga, Kecamatan Barumun Selatan (Barsel). Sebelum sosialisasi dilaksanakan, panitia menggelar senam jantung sehat, pengobatan gratis dan penandatanganan komitmen bersama Germas diawali Kadis Sosial Bustami Harahap, Plh Dinkes Palas, dr. Hj. Ummi Sahara Matondang, Narasumber Ahwan dari perwaklan Kemenkes RI, Camat Barsel Abdul Rivai Pane, kepala Desa Banua Tonga Ali Bosar Lubis dan ibu-ibu pengurus TP PKK dari 11 desa.

Wakil ketua Komisi IX DPR RI Dr.H.Saleh Partaonan Daulay mengatakan, sosialisasi tersebut bertujuan untuk mempercepat dan terwujudnya sinergitas upaya hidup sehat guna meningkatkan produktivitas.

Dengan adanya sosialisasi Germas, kata dia, membuat masyarakat semakin sadar. Yakni, untuk mencapai derajat kesehatan bukanlah dengan pengobatan, namun dengan pencegahan. Dengan demikian biaya hidup bisa lebih murah.

"Misalnya tidak merokok dan tidak minum minuman beralkohol," jelasnya.

Semetara itu Plh Bupati drg. H.Ahmad Zarnawi Pasaribu diwakili Kadis Sosial Bustami Harahap dalam sambutannya mengatakan, membangun kesehatan itu ada paradigma sehat, dinamakan paradigma sehat apabila masyarakat mampu menjaga kesehatannya, sedangkan yang sakit bisa dapatkan pelayanan kesehatan dengan baik.

"Jaga kesehatan, konsumsi sayur dan buah, dan lingkungan hidup kita harus bersih. Ini semua perlu kerjasama masyarakat, untuk itu kepada peserta sosialisasi mari ikuti sosialisasi om ni dengan baik agar bermanfaat bagi peserta semua," tandasnya.