PADANGSIDIMPUAN - Beberapa minggu terakhir ini, masyarakat Kota Padangsidimpuan yang berlalu-lalang di Jalan Sudirman pusat Kota Padangsidimpuan, diherankan dengan adanya pemandangan yang tidak semestinya terjadi. Keheranan ini terjadi dikarenakan adanya penampakan beberapa ekor kambing yang berkeliaran di pusat Kota Padangsidimpuan, sehingga berdampak pada kelancaran lalu lintas.

Berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) yang berlaku di Kota Padangsidimpuan, keberadaan hewan ternak tidak seharusnya lagi berkeliaran di wilayah permukiman warga Kota Padangsidimpuan, terlebih lebih di pusat kotanya.

Keberadaan kambing-kambing yang berkeliaran di Jalan Sudirman ini sangat mengganggu bagi para pengguna jalan, karna tidak menutup kemungkinan kambing-kambing tersebut akan menjadi penyebab kecelakaan.

Seperti yang diucapkan Agus, salah seorang pengguna jalan yang sehari harinya melewati Jalan Sudirman dengan sepeda motornya.

"Betul bang, kami sebagai pengguna jalan di Kota Padangsidimpuan ini merasa terganggu akan keberadaan kambing-kambing liar tersebut. Namanya binatang, mana ada otaknya bang, pas kita lewat dia (kambing) nyebrang, akibat berusaha menghindar ujung-ujungnya kita nabrak pengguna jalan lain. Seharusnya pemerintah Kota Padangsidimpuan segera mengambil tindakan mengantisipasi hal tersebut," jelas Agus kepada GoSumut Sabtu (9/9/2017) siang di sekitar Jalan Sudirman.

Sementara itu, Kasat Pol PP Kota Padangsidimpuan Arbiuddin Syaputra Hakim Harahap yang dihubungi GoSumut melalui selularnya membenarkan kambing 'menguasai' jalan di Jalan Sudirman.

"Betul bang, beberapa minggu ini ada kambing yang berkeliaran di dalam kota. Seminggu yang lewat kami sudah tertibkan itu, tapi sekarang muncul lagi. Padahal kita sudah menjelaskan kepada pemilik hewan ternak di Kota Padangsidimpuan tentang aturan dan tata cara pemeliharaannya sesuai dengan Perda Kota Padangsidimpuan. Rencananya sore ini (Sabtu, 9/9/2017), kami akan melakukan penertiban kembali untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan bagi para pengguna jalan," jelas pria yang biasa disapa Arbi ini.