LABUHANBATU - Usia lanjut merupakan karunia dan berkah dari Tuhan Yang Maha Esa yang wajib disyukuri bersama. Lansia mempunyai hak yang sama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Demikian disampaikan Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap pada Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional Kabupaten Labuhanbatu, Selasa (5/9/2017), di Lapangan Ikabina Rantauprapat yang diawali dengan senam sehat.

Menurutnya, keberadaan para lanjut usia ini perlu diapresiasi karena para lansia inipun sebelumnya ikut berpartisipasi bagi pembangunan.

"Melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), kita harapkan juga dapat menjadi gerakan menuju lansia yang sehat, mandiri, produktif dan lansia berdaya guna dan sejahtera di masa tuanya serta tidak menjadi beban keluarga dan beban pembangunan," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Bupati berpesan agar Germas dapat disebarluaskan ke masyarakat. Hal ini tentunya untuk menciptakan perubahan dan perilaku lansia untuk tetap hidup sehat dan produktif melalui promosi kesehatan dalam setiap sirklus kehidupan.

“Saya berharap kiranya para lansia dapat memberikan masukan dan dapat bersama-sama menjaga kekondusifan di daerah Kabupaten Labuhanbatu,” kata Pangonal Harahap.

Ketua Persila Kabupaten Labuhanbatu, H Mukail Ritonga dalam sambutannya mengajak pemerintah dan aparatnya serta lansia di Kabupaten Labuhanbatu untuk dapat lebih meningkatkan silaturrahmi dan menjaga agar anak-anak terhindar dari penyalahgunaan narkoba.

Peringatan hari lansia ini juga dirangkai dengan penyerahan berbagai hadiah perlombaa yang digagas Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu seperti lomba merangkai bunga, lomba fashion show, lomba menyanyi solo, lomba senam lansia dan lomba catur.