MEDAN-Kendati banyak nama bakal calon yang muncul dalam tahapan penjaringan yang diselenggarakan oleh partai politik menuju Pemilihan Gubernur Sumut 2017, kelak akan mengerucut menjadi hanya dua pasangan calon.

Kedua pasangan calon dimaksud adalah Gubernur petahana Erry Nuradi dan Pangkostrad Edy Rahmayadi dengan masing-masing calon wakilnya.

Demikian diungkapkan Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut, Japorman Saragih di Medan.

"Mereka berdua yang paling kuat dibanding figur-figur lainnya sekarang ini," kata Japorman yang pernah menjabat Wakil Ketua DPRD Sumut ini.

Nama-nama lain yang juga disebut-sebut bakal jadi calon Gubsu adalah Gus Irawan, JR Saragih, Tuani Lumbantobing, Tifatul Sembiring, dan sebagainya.

Jika Erry sudah mendaftar ke sejumlah parpol, bahkan oleh Golkar sudah ditetapkan sebagai calon yang akan diusung bersama Bupati Langkat Ngogesa Sitepu, Edy masih "adem-adem" saja. Kalaupun mendaftar ke parpol, diwakili oleh para kuasanya.

"Edy baru akan pensiun dua tahun lagi, pendaftaran pasangan calon ke Komisi Pemilihan Umum Januari 2018, kita lihat nanti apa dia mau pensiun dini," ujar Japorman.

Ditanya apakah kelak partainya akan mengusung Edy Rahmayadi, Japorman menjawab,"Kalian kan sudah bisa membayangkan itu," katanya.